Apa itu KPI dalam Digital Marketing - Printable Version +- Forum Digital Marketing No. #1 Indonesia (https://tanyadigital.com/forum) +-- Forum: Forum Digital Marketing Indonesia (https://tanyadigital.com/forum/Forum-Forum-Digital-Marketing-Indonesia) +--- Forum: Selamat Datang (https://tanyadigital.com/forum/Forum-Selamat-Datang) +--- Thread: Apa itu KPI dalam Digital Marketing (/Thread-Apa-itu-KPI-dalam-Digital-Marketing) |
Apa itu KPI dalam Digital Marketing - charles - 04-19-2021 Apa itu KPI dalam Digital Marketing? KPI adalah cara yang berguna bagi Pemasar Digital untuk menetapkan ekspektasi dan membuktikan bahwa pekerjaan mereka memiliki dampak positif. Bagi pihak luar, keberhasilan aktivitas pemasaran digital dapat dianggap sulit diukur, tetapi sebenarnya tidak demikian. Faktanya, biasanya lebih mudah untuk mengukur kemajuan kampanye digital daripada offline. Apa itu KPI dalam Digital Marketing Tujuan dari posting ini adalah untuk membantu Anda menetapkan KPI pemasaran digital untuk mengukur apa yang benar-benar penting saat ini, dengan cara yang dapat disepakati semua pihak. Selama resesi, perencanaan pemasaran yang cerdas sangat penting untuk mengukur dan melacak kemajuan Anda, dan menunjukkan nilai. Kami akan membahas negosiasi KPI, penganggaran, dan cara mengikat KPI Anda ke dalam model Smart Insights RACE. Memilih apa yang akan diukur Bagian terpenting dalam menetapkan KPI adalah memilih apa yang akan diukur. Jika Anda benar-benar tidak ingin melakukan kesalahan pada tahap ini tetapi jangan khawatir, ini sangat sederhana, cukup pastikan Anda mengukur faktor-faktor yang akan berdampak pada target atau sasaran organisasi Anda. Seringkali KPI terhubung ke “konversi”. Selama resesi, konversi menjadi lebih penting dari sebelumnya karena ini bisa berarti perbedaan antara memenuhi tujuan Anda atau menghadapi kesulitan keuangan di kemudian hari. Sebagai aturan umum, konversi harus spesifik (yaitu mudah untuk didefinisikan dan diukur) dan menguntungkan secara signifikan (Misalnya, pengguna mengisi formulir kontak saat melakukan pembelian). Apa yang harus Anda ukur
Apa yang tidak boleh Anda ukur
Beberapa KPI harus pada channel khusus dan yang lainnya akan terkait dengan tujuan bisnis secara keseluruhan. Banyak organisasi akan membutuhkan KPI dari kedua jenis tersebut untuk mengukur kinerja saluran dan dampaknya terhadap tujuan keseluruhan. Dalam organisasi yang lebih besar, individu atau tim yang berbeda akan menjalankan saluran individu sehingga masing-masing saluran harus diukur secara terpisah. Dalam tim yang lebih kecil, atau ini akan dibagi sesuai dengan bauran pemasaran Anda. Perlu dicatat bahwa, selama resesi, beberapa bagian dari bauran pemasaran Anda mungkin menerima lebih banyak perhatian daripada yang lain, jadi sebaiknya Anda merencanakan prioritas Anda dalam kasus ini, dan mengaitkan sumber daya yang sesuai. Membuat KPI pemasaran digital Anda S.M.A.R.T KPI, dan tujuan secara umum, perlu dipahami dengan jelas oleh semua orang yang terlibat. Sangat mudah bagi orang yang berbeda untuk memiliki interpretasi yang berbeda tentang tujuan bahkan ketika tampaknya sama jelasnya dengan KPI yang diukur. Oleh karena itu, semua KPI harus SMART:
Cara menegosiasikan KPI pemasaran digital Anda Menetapkan dan menyetujui KPI terkadang membutuhkan beberapa keterampilan negosiasi. Seperti kebanyakan negosiasi, Anda perlu belajar cara menahan keberanian. Anda dapat dengan mudah menyetujui sosok yang menurut Anda tidak akan dapat Anda capai untuk mengakhiri percakapan yang canggung dan melanjutkan hidup, tetapi ini bukanlah tindakan terbaik. Jika Anda bisa memperdebatkan sudut Anda, itu akan membuahkan hasil, untuk semua orang, dalam jangka panjang. Menjelaskan mengapa Anda tidak memenuhi KPI (dan mengapa KPI tidak realistis pada awalnya) tidaklah terlalu menyenangkan. Lebih baik Anda mengatakan “kita mencapai KPI itu, jadi mari sekarang buat yang baru”. Orang yang Anda negosiasikan mungkin mendorong Anda pada KPI sehingga Anda perlu bersiap. Dalam buku Roger Fisher dan William L. Ury ‘Getting to Yes: Negotiating Agreement Without Giving In’ mereka menyarankan bahwa menambahkan faktor baru dapat membantu memecahkan kebuntuan dalam negosiasi. Daripada kedua belah pihak mencoba untuk memindahkan satu gambar ke atas atau ke bawah, Anda dapat memperkenalkan elemen baru yang mungkin lebih cenderung Anda sesuaikan. Dalam kasus ini, Anda mungkin meminta lebih banyak anggaran atau lebih banyak jam kerja untuk mencapai KPI asli yang mereka minta. Atau Anda mungkin menyarankan untuk menurunkan KPI yang berbeda sehingga Anda dapat meluangkan lebih banyak waktu dan sumber daya untuk yang satu ini. Mengukur kemajuan selama waktu yang menantang Dengan menggunakan model SMART, semua KPI pemasaran digital Anda akan terikat waktu sehingga Anda akan tahu apa yang perlu Anda capai dan kapan. Anda juga akan dapat melihat seberapa baik kemajuan Anda sebelum KPI sebenarnya jatuh tempo. Jika Anda merasa tidak akan dapat mencapai KPI Anda, penting untuk memperbarui pihak lain secara teratur sehingga mereka tidak menemukan kejutan yang tidak menyenangkan. Sangat penting untuk melacak kemajuan Anda selama resesi karena fluktuasi pasar dapat berdampak jauh lebih besar pada keuangan Anda. Jika Anda tidak berada di jalur yang benar dan itu bukan kesalahan Anda, Anda harus melaporkannya secepat mungkin. Misalnya, jika Anda sedang mengerjakan kampanye SEO dan pengembang belum menerapkan perubahan apa pun yang Anda rekomendasikan (bukan hal ini pernah terjadi), Anda perlu menjelaskan mengapa ini menjadi masalah dan menjelaskan apa dampaknya: “Saya memahami bahwa Anda belum dapat menemukan sumber daya untuk menerapkan perubahan dan ini dapat dimengerti mengingat banyak hal yang harus dilakukan. Karena itu, saya pikir kita harus menghitung ulang KPI untuk memperhitungkannya. ” Anda harus melakukan ini sebelum KPI jatuh tempo. Anda tidak dapat hadir ke rapat dengan alasan (meskipun wajar) jika Anda belum menandai masalahnya. |