04-27-2021, 05:04 AM
Apakah Anda ingin melacak metrik utama seperti pendaftaran email atau penjualan untuk situs Anda? Hanya dengan melihat laporan ikhtisar lalu lintas situs web Anda tidak memberikan gambaran lengkap.
Jika Anda ingin situs Anda berhasil, Anda memerlukan metrik terperinci seperti halaman mana yang paling banyak mendapatkan pendaftaran, sumber lalu lintas mana yang memberikan hasil terbaik, dan banyak lagi.
Di sinilah laporan berbasis sasaran masuk. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menyiapkan sasaran Google Analytics untuk situs WordPress Anda.
Apa Sasaran di Google Analytics?
Sasaran adalah interaksi pengguna yang dapat Anda lacak menggunakan Google Analytics.
Anda dapat menyiapkan sasaran untuk mengukur konversi, melacak penjualan, melacak formulir pendaftaran email, dan banyak lagi. Semua ini dapat membantu Anda menghasilkan lebih banyak uang secara online dan meningkatkan konversi situs web Anda.
Mengapa Anda Perlu Membuat Sasaran yang Baik di Google Analytics
Dengan sasaran, Anda dapat mengetahui semua jenis detail tentang situs Anda. Contohnya:
Jika Anda menjual produk digital, Anda dapat menggunakan sasaran untuk mengetahui sumber mana yang mendorong penjualan paling banyak.
Jika Anda menjalankan toko eCommerce, Anda dapat menggunakan sasaran untuk melihat di mana pelanggan kemungkinan besar akan meninggalkan proses pembayaran.
Jika Anda seorang pelatih pribadi dengan blog kebugaran, Anda dapat menggunakan sasaran untuk melihat pos mana yang mendorong prospek untuk mengisi formulir kontak Anda.
Penting untuk membuat tujuan yang tepat untuk situs Anda. Jika Anda memiliki toko online, tidak ada gunanya menetapkan tujuan untuk melacak berapa banyak orang yang mengunjungi halaman Tentang Anda. Alih-alih, sasaran Anda adalah berapa banyak pelanggan yang membeli dari Anda.
Mari kita lihat cara menyiapkan sasaran di Google Analytics. Inilah yang akan kita bahas. Gunakan tautan cepat untuk melompat langsung ke bagian tutorial itu:
Menyiapkan Google Analytics dengan MonsterInsights
Melacak Tujuan eCommerce di Google Analytics
Melacak Tujuan Pengiriman Formulir di Google Analytics
Menyiapkan Sasaran Secara Manual di Google Analytics
Menyiapkan MonsterInsights Dengan Google Analytics
Kami merekomendasikan menggunakan Google Analytics dengan MonsterInsights. Ini dapat secara otomatis menetapkan tujuan untuk Anda dan menghemat banyak pekerjaan.
Pertama, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin MonsterInsights. Jika Anda tidak yakin caranya, lihat panduan kami tentang cara memasang plugin WordPress.
Catatan: Anda memerlukan plugin versi Pro atau yang lebih tinggi untuk menggunakan laporan eCommerce dan laporan konversi formulir.
Setelah mengaktifkan MonsterInsights, buka Wawasan »Pengaturan di dasbor WordPress Anda. Di sini, Anda dapat memasukkan kunci lisensi Anda dan menghubungkan MonsterInsights ke Google Analytics.
Untuk bantuan lebih lanjut, lihat petunjuk kami tentang cara memasang Google Analytics di situs Anda menggunakan MonsterInsights.
Melacak Tujuan eCommerce di Google Analytics
Apakah Anda ingin mengetahui berapa banyak pengunjung yang berubah menjadi pelanggan yang membayar?
MonsterInsights memungkinkan Anda melacak data dengan mudah dari toko WooCommerce. Anda juga dapat menggunakannya dengan MemberPress, LifterLMS, atau Unduhan Digital Mudah.
Anda harus menyiapkan segalanya di Google Analytics sebelum Anda dapat melihat laporan eCommerce di MonsterInsights.
Menyiapkan Google Analytics untuk Pelacakan eCommerce
Pertama, login ke akun Google Analytics Anda.
Jika Anda menggunakannya di beberapa situs web, pastikan situs yang benar dipilih. Cukup klik kotak untuk beralih ke situs web lain jika perlu.
Next, click Admin in the bottom left corner.
Kemudian, di kolom Tampilan, klik ‘Ecommerce Settings’ link:
Nyalakan ‘Enable Ecommerce’ option. Anda kemudian akan melihat tombol 'Enable Enhanced Ecommerce'. Aktifkan ini juga.
Klik tombol Simpan di bagian bawah layar.
Itu dia! Anda sekarang dapat melanjutkan untuk mengatur pelacakan eCommerce Anda di MonsterInsights.
Menyiapkan MonsterInsights untuk Pelacakan eCommerce
Di dasbor WordPress Anda, buka Insights »Addons di dasbor Anda.
Kemudian, klik Instal di bawah addon eCommerce MonsterInsights. Ini akan secara otomatis menginstal dan mengaktifkan.
Sekarang, pergi ke eCommerce tab dalam Insights » Settings. Nyalakan ‘Use Enhanced eCommerce’ setting.
Hanya itu yang perlu Anda lakukan. Ya, sungguh! MonsterInsights menangani segalanya untuk Anda.
Menuju ke Insights » Reports dan klik di ‘eCommerce’ tab untuk melihat laporan Anda. Setelah Anda mendapatkan beberapa penjualan, itu akan terlihat seperti ini:
Anda dapat melihat semua jenis wawasan lainnya, seperti sumber konversi teratas Anda, total produk yang ditambahkan ke keranjang, dan total yang dihapus dari carts.
Anda bahkan dapat melihat berapa hari yang biasanya dibutuhkan orang untuk melakukan pembelian, dan seberapa sering orang berkunjung sebelum melakukan pembelian.
Untuk mengetahui lebih banyak detail untuk laporan apa pun, klik tombol Lihat di bawahnya. Anda akan diarahkan ke laporan lengkap di Google Analytics.
Melacak Tujuan Pengiriman Formulir di Google Analytics
Cara hebat lainnya untuk menggunakan Google Analytics dan MonsterInsights adalah dengan melacak konversi formulir.
Anda dapat melakukan ini untuk semua jenis formulir. Berikut adalah beberapa contoh:
Penulis non-fiksi: Formulir tempat orang-orang mendaftar ke buletin email Anda untuk mendengar tentang buku-buku Anda yang akan datang.
Realtor: Formulir kontak tempat calon klien mengisi detail mereka sehingga Anda dapat menelepon mereka kembali dan mengatur tampilan.
Personal trainer: Formulir pemesanan yang digunakan pelanggan untuk memesan dan membayar sesi pelatihan pribadi mereka.
Restoran: Formulir yang digunakan pelanggan untuk memesan pengiriman makanan.
MonsterInsights bekerja dengan semua plugin formulir kontak WordPress dan membantu Anda melacak pengiriman formulir.
Untuk mulai melacak konversi formulir di MonsterInsights, buka Insights »Addons dan temukan addon Formulir. Klik tombol Instal di bawahnya untuk menginstal dan mengaktifkannya.
Addon ini memungkinkan Anda melacak pengiriman formulir sebagai 'Peristiwa' di Google Analytics. Anda tidak perlu menyiapkan apa pun tambahan.
Setelah Anda memasang dan mengaktifkan addon, selesai! Cukup buka Insights »Laporan dan klik tab 'Forms' untuk melihat laporan Anda.
Setelah Anda menerima beberapa formulir, akan terlihat seperti ini:
Jika Anda ingin melacak pengiriman formulir dengan cara yang berbeda, Anda dapat melakukannya secara manual di Google Analytics.
Menyiapkan Sasaran Secara Manual di Google Analytics
Jika Anda tidak ingin menggunakan MonsterInsights, atau jika Anda ingin melacak jenis sasaran yang berbeda, Anda dapat melakukannya secara manual di Google Analytics.
Masuk ke akun Google Analytics Anda dan klik tab 'Admin' di kiri bawah. Kemudian, di kolom View, klik Goals.
Selanjutnya, klik ‘+ New Goal’ tombol start membuat new goal:
Anda mungkin melihat bagian Template di sini jika Anda telah memilih kategori industri untuk situs web Anda. Lewati ini dan klik tombol radio Kustom di bawah. Lalu klik Lanjutkan.
Ada 4 jenis sasaran yang dapat Anda buat:
Tujuan: ini melacak apakah pengunjung membuka halaman tertentu, seperti halaman terima kasih setelah mengisi formulir.
Durasi: ini melacak berapa lama pengunjung menghabiskan waktu di situs web Anda.
Halaman / Layar per sesi: ini melacak berapa banyak halaman yang dilihat seseorang di situs Anda.
Peristiwa: ini dapat melacak segala macam hal, seperti klik tombol, pemutaran video, dan unduhan. Ini membutuhkan sedikit lebih banyak pengaturan daripada opsi lainnya.
Dalam banyak kasus, tujuan Tujuan atau Peristiwa akan bekerja paling baik untuk melacak metrik utama Anda.
Kami akan membuat sasaran Tujuan untuk contoh ini. Beri nama tujuan Anda, tetapkan Jenis ke Tujuan, lalu klik untuk melanjutkan.
Masukkan tujuan untuk tujuan Anda. Ini biasanya akan menjadi halaman tertentu.
Kiat: Masukkan hanya bagian URL yang muncul setelah nama domain situs web Anda.
Misalnya, jika halaman Anda adalah:
Then you should enter:
Anda dapat menambahkan nilai untuk konversi jika Anda mau. Ini masuk akal jika orang mengisi formulir pembayaran, atau jika Anda tahu berapa nilai rata-rata setiap prospek bagi Anda.
Jika Anda ingin melacak funnel, seperti pelanggan bergerak melalui proses pembayaran, Anda juga dapat melakukannya sebagai bagian dari tujuan tujuan. Ini dapat membantu Anda menentukan area yang mungkin ingin Anda tingkatkan.
Anda dapat mengeklik tautan 'Verifikasi Sasaran ini' untuk melihat berapa rasio konversi yang akan dihasilkan sasaran berdasarkan data Anda dari 7 hari sebelumnya. Jika Anda mendapatkan 0% dan Anda tahu bahwa Anda pernah menerima beberapa formulir, periksa URL tujuan yang Anda masukkan.
Setelah Anda puas dengan Goal Anda, klik tombol Simpan. Anda kemudian akan melihat tujuan Anda tercantum dalam tabel. Anda dapat mengeditnya, mematikannya dan mengaktifkannya, atau membuat lebih banyak tujuan di sini.
Catatan: Anda tidak dapat menghapus tujuan setelah Anda membuatnya. Matikan saja jika Anda tidak ingin lagi menggunakannya.
Anda dapat melihat data sasaran Anda di Google Analytics dengan membuka Conversions » Goals selanjutnya klik Overview.
Di menu sebelah kiri, Anda dapat menggali lebih jauh tentang tujuan Anda. Misalnya, Jalur Sasaran Terbalik menunjukkan kepada Anda konten apa yang dilihat pengunjung sebelum mencapai tujuan. Alur Sasaran dapat digunakan untuk memeriksa segala macam hal, seperti sumber pengunjung berasal:
Jenis tujuan lainnya bekerja dengan cara yang sama, meskipun tujuan Peristiwa sedikit lebih sulit untuk disiapkan. Lihat postingan berguna MonsterInsights tentang 4 jenis sasaran di Google Analytics untuk mendapatkan bantuan tentang hal ini.
Jika Anda ingin situs Anda berhasil, Anda memerlukan metrik terperinci seperti halaman mana yang paling banyak mendapatkan pendaftaran, sumber lalu lintas mana yang memberikan hasil terbaik, dan banyak lagi.
Di sinilah laporan berbasis sasaran masuk. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menyiapkan sasaran Google Analytics untuk situs WordPress Anda.
Apa Sasaran di Google Analytics?
Sasaran adalah interaksi pengguna yang dapat Anda lacak menggunakan Google Analytics.
Anda dapat menyiapkan sasaran untuk mengukur konversi, melacak penjualan, melacak formulir pendaftaran email, dan banyak lagi. Semua ini dapat membantu Anda menghasilkan lebih banyak uang secara online dan meningkatkan konversi situs web Anda.
Mengapa Anda Perlu Membuat Sasaran yang Baik di Google Analytics
Dengan sasaran, Anda dapat mengetahui semua jenis detail tentang situs Anda. Contohnya:
Jika Anda menjual produk digital, Anda dapat menggunakan sasaran untuk mengetahui sumber mana yang mendorong penjualan paling banyak.
Jika Anda menjalankan toko eCommerce, Anda dapat menggunakan sasaran untuk melihat di mana pelanggan kemungkinan besar akan meninggalkan proses pembayaran.
Jika Anda seorang pelatih pribadi dengan blog kebugaran, Anda dapat menggunakan sasaran untuk melihat pos mana yang mendorong prospek untuk mengisi formulir kontak Anda.
Penting untuk membuat tujuan yang tepat untuk situs Anda. Jika Anda memiliki toko online, tidak ada gunanya menetapkan tujuan untuk melacak berapa banyak orang yang mengunjungi halaman Tentang Anda. Alih-alih, sasaran Anda adalah berapa banyak pelanggan yang membeli dari Anda.
Mari kita lihat cara menyiapkan sasaran di Google Analytics. Inilah yang akan kita bahas. Gunakan tautan cepat untuk melompat langsung ke bagian tutorial itu:
Menyiapkan Google Analytics dengan MonsterInsights
Melacak Tujuan eCommerce di Google Analytics
Melacak Tujuan Pengiriman Formulir di Google Analytics
Menyiapkan Sasaran Secara Manual di Google Analytics
Menyiapkan MonsterInsights Dengan Google Analytics
Kami merekomendasikan menggunakan Google Analytics dengan MonsterInsights. Ini dapat secara otomatis menetapkan tujuan untuk Anda dan menghemat banyak pekerjaan.
Pertama, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin MonsterInsights. Jika Anda tidak yakin caranya, lihat panduan kami tentang cara memasang plugin WordPress.
Catatan: Anda memerlukan plugin versi Pro atau yang lebih tinggi untuk menggunakan laporan eCommerce dan laporan konversi formulir.
Setelah mengaktifkan MonsterInsights, buka Wawasan »Pengaturan di dasbor WordPress Anda. Di sini, Anda dapat memasukkan kunci lisensi Anda dan menghubungkan MonsterInsights ke Google Analytics.
Untuk bantuan lebih lanjut, lihat petunjuk kami tentang cara memasang Google Analytics di situs Anda menggunakan MonsterInsights.
Melacak Tujuan eCommerce di Google Analytics
Apakah Anda ingin mengetahui berapa banyak pengunjung yang berubah menjadi pelanggan yang membayar?
MonsterInsights memungkinkan Anda melacak data dengan mudah dari toko WooCommerce. Anda juga dapat menggunakannya dengan MemberPress, LifterLMS, atau Unduhan Digital Mudah.
Anda harus menyiapkan segalanya di Google Analytics sebelum Anda dapat melihat laporan eCommerce di MonsterInsights.
Menyiapkan Google Analytics untuk Pelacakan eCommerce
Pertama, login ke akun Google Analytics Anda.
Jika Anda menggunakannya di beberapa situs web, pastikan situs yang benar dipilih. Cukup klik kotak untuk beralih ke situs web lain jika perlu.
Next, click Admin in the bottom left corner.
Kemudian, di kolom Tampilan, klik ‘Ecommerce Settings’ link:
Nyalakan ‘Enable Ecommerce’ option. Anda kemudian akan melihat tombol 'Enable Enhanced Ecommerce'. Aktifkan ini juga.
Klik tombol Simpan di bagian bawah layar.
Itu dia! Anda sekarang dapat melanjutkan untuk mengatur pelacakan eCommerce Anda di MonsterInsights.
Menyiapkan MonsterInsights untuk Pelacakan eCommerce
Di dasbor WordPress Anda, buka Insights »Addons di dasbor Anda.
Kemudian, klik Instal di bawah addon eCommerce MonsterInsights. Ini akan secara otomatis menginstal dan mengaktifkan.
Sekarang, pergi ke eCommerce tab dalam Insights » Settings. Nyalakan ‘Use Enhanced eCommerce’ setting.
Hanya itu yang perlu Anda lakukan. Ya, sungguh! MonsterInsights menangani segalanya untuk Anda.
Menuju ke Insights » Reports dan klik di ‘eCommerce’ tab untuk melihat laporan Anda. Setelah Anda mendapatkan beberapa penjualan, itu akan terlihat seperti ini:
Anda dapat melihat semua jenis wawasan lainnya, seperti sumber konversi teratas Anda, total produk yang ditambahkan ke keranjang, dan total yang dihapus dari carts.
Anda bahkan dapat melihat berapa hari yang biasanya dibutuhkan orang untuk melakukan pembelian, dan seberapa sering orang berkunjung sebelum melakukan pembelian.
Untuk mengetahui lebih banyak detail untuk laporan apa pun, klik tombol Lihat di bawahnya. Anda akan diarahkan ke laporan lengkap di Google Analytics.
Melacak Tujuan Pengiriman Formulir di Google Analytics
Cara hebat lainnya untuk menggunakan Google Analytics dan MonsterInsights adalah dengan melacak konversi formulir.
Anda dapat melakukan ini untuk semua jenis formulir. Berikut adalah beberapa contoh:
Penulis non-fiksi: Formulir tempat orang-orang mendaftar ke buletin email Anda untuk mendengar tentang buku-buku Anda yang akan datang.
Realtor: Formulir kontak tempat calon klien mengisi detail mereka sehingga Anda dapat menelepon mereka kembali dan mengatur tampilan.
Personal trainer: Formulir pemesanan yang digunakan pelanggan untuk memesan dan membayar sesi pelatihan pribadi mereka.
Restoran: Formulir yang digunakan pelanggan untuk memesan pengiriman makanan.
MonsterInsights bekerja dengan semua plugin formulir kontak WordPress dan membantu Anda melacak pengiriman formulir.
Untuk mulai melacak konversi formulir di MonsterInsights, buka Insights »Addons dan temukan addon Formulir. Klik tombol Instal di bawahnya untuk menginstal dan mengaktifkannya.
Addon ini memungkinkan Anda melacak pengiriman formulir sebagai 'Peristiwa' di Google Analytics. Anda tidak perlu menyiapkan apa pun tambahan.
Setelah Anda memasang dan mengaktifkan addon, selesai! Cukup buka Insights »Laporan dan klik tab 'Forms' untuk melihat laporan Anda.
Setelah Anda menerima beberapa formulir, akan terlihat seperti ini:
Jika Anda ingin melacak pengiriman formulir dengan cara yang berbeda, Anda dapat melakukannya secara manual di Google Analytics.
Menyiapkan Sasaran Secara Manual di Google Analytics
Jika Anda tidak ingin menggunakan MonsterInsights, atau jika Anda ingin melacak jenis sasaran yang berbeda, Anda dapat melakukannya secara manual di Google Analytics.
Masuk ke akun Google Analytics Anda dan klik tab 'Admin' di kiri bawah. Kemudian, di kolom View, klik Goals.
Selanjutnya, klik ‘+ New Goal’ tombol start membuat new goal:
Anda mungkin melihat bagian Template di sini jika Anda telah memilih kategori industri untuk situs web Anda. Lewati ini dan klik tombol radio Kustom di bawah. Lalu klik Lanjutkan.
Ada 4 jenis sasaran yang dapat Anda buat:
Tujuan: ini melacak apakah pengunjung membuka halaman tertentu, seperti halaman terima kasih setelah mengisi formulir.
Durasi: ini melacak berapa lama pengunjung menghabiskan waktu di situs web Anda.
Halaman / Layar per sesi: ini melacak berapa banyak halaman yang dilihat seseorang di situs Anda.
Peristiwa: ini dapat melacak segala macam hal, seperti klik tombol, pemutaran video, dan unduhan. Ini membutuhkan sedikit lebih banyak pengaturan daripada opsi lainnya.
Dalam banyak kasus, tujuan Tujuan atau Peristiwa akan bekerja paling baik untuk melacak metrik utama Anda.
Kami akan membuat sasaran Tujuan untuk contoh ini. Beri nama tujuan Anda, tetapkan Jenis ke Tujuan, lalu klik untuk melanjutkan.
Masukkan tujuan untuk tujuan Anda. Ini biasanya akan menjadi halaman tertentu.
Kiat: Masukkan hanya bagian URL yang muncul setelah nama domain situs web Anda.
Misalnya, jika halaman Anda adalah:
Code:
https://www.examplewebsite.com/thank-you-for-booking/
Then you should enter:
Code:
/thank-you-for-booking/
Anda dapat menambahkan nilai untuk konversi jika Anda mau. Ini masuk akal jika orang mengisi formulir pembayaran, atau jika Anda tahu berapa nilai rata-rata setiap prospek bagi Anda.
Jika Anda ingin melacak funnel, seperti pelanggan bergerak melalui proses pembayaran, Anda juga dapat melakukannya sebagai bagian dari tujuan tujuan. Ini dapat membantu Anda menentukan area yang mungkin ingin Anda tingkatkan.
Anda dapat mengeklik tautan 'Verifikasi Sasaran ini' untuk melihat berapa rasio konversi yang akan dihasilkan sasaran berdasarkan data Anda dari 7 hari sebelumnya. Jika Anda mendapatkan 0% dan Anda tahu bahwa Anda pernah menerima beberapa formulir, periksa URL tujuan yang Anda masukkan.
Setelah Anda puas dengan Goal Anda, klik tombol Simpan. Anda kemudian akan melihat tujuan Anda tercantum dalam tabel. Anda dapat mengeditnya, mematikannya dan mengaktifkannya, atau membuat lebih banyak tujuan di sini.
Catatan: Anda tidak dapat menghapus tujuan setelah Anda membuatnya. Matikan saja jika Anda tidak ingin lagi menggunakannya.
Anda dapat melihat data sasaran Anda di Google Analytics dengan membuka Conversions » Goals selanjutnya klik Overview.
Di menu sebelah kiri, Anda dapat menggali lebih jauh tentang tujuan Anda. Misalnya, Jalur Sasaran Terbalik menunjukkan kepada Anda konten apa yang dilihat pengunjung sebelum mencapai tujuan. Alur Sasaran dapat digunakan untuk memeriksa segala macam hal, seperti sumber pengunjung berasal:
Jenis tujuan lainnya bekerja dengan cara yang sama, meskipun tujuan Peristiwa sedikit lebih sulit untuk disiapkan. Lihat postingan berguna MonsterInsights tentang 4 jenis sasaran di Google Analytics untuk mendapatkan bantuan tentang hal ini.