Sebagai pelaku bisnis, tentu saja perlu untuk memahami bagaimana perilaku audiens yang masuk dalam [i]list building[/i] yang dimiliki. Memahami perilaku audiens sama dengan memegang kunci keberhasilan karena dengan data tersebut, kamu bisa melakukan pemasaran yang efisien.
Salah satu data yang kamu butuhkan yaitu bagaimana perilaku audiens dalam mengunjungi [i]website[/i] kamu seperti pada jam berapa saja mereka berkunjung. Dari sini kamu bisa mencoba mengirimkan [i]email marketing[/i] pada jam ramai tersebut. Namun, jika kamu baru mulai melakukan penerapan strategi [i]email marketing[/i], tentu saja belum bisa menentukan kapan waktu terbaik mengirimkan [i]email marketing[/i] kepada pelanggan. Berikut beberapa waktu terbaik yang bisa kamu coba dalam pengiriman [i]email marketing[/i] pada tahun 2021.
[b]Pagi Hari Pukul 06.00 - 07.00[/b]
Waktu pertama yang bisa dicoba untuk meningkatkan [i]open rate email[/i] yaitu pagi hari pada sekitar jam 06.00 hingga jam 07.00. Pada jam ini, banyak sekali audiens yang baru memulai aktivitas sarapan sambil melihat beberapa hal di [i]smartphone[/i] mereka. Gunakan kesempatan ini untuk mengirimkan penawaran kepada audiens. Karena notifikasi yang muncul pada saat [i]smartphone[/i] digunakan menjadi daya tarik untuk audiens agar membuka email tersebut.
[b]Siang Hari Pukul 12.00 - 13.00[/b]
Selain pagi hari, waktu yang pas untuk mengirimkan [i]email marketing[/i] kepada audiens yaitu ketika jam makan siang, sekitar jam 12.00 - 13.00. Pada waktu ini, kamu bisa mengirimkan [i]email[/i]dengan headline yang mampu menarik perhatian mereka. Ketika melihat headline yang mengundang perhatian mereka, audiens akan tertarik dan membuka [i]email[/i] tersebut pada waktu luang tersebut.
[b]Malam Hari Pukul 19.00 - 20.00[/b]
Kemudian, waktu yang juga bisa digunakan untuk mengirimkan [i]email marketing[/i] pada tahun 2021 yaitu pada pukul 19.00 - 20.00. Pada waktu ini banyak audiens yang sudah selesai melakukan pekerjaan dan melepas dengan dengan melihat hiburan pada [i]smartphone[/i] mereka. Untuk memaksimalkan waktu santai ini, maka kamu harus mencoba [i]email automation[/i]pada jam ini. Penggunaan ornamen pada [i]email[/i] yang dikirim seperti penempatan foto dan tombol [i]Call-to-Action[/i] yang tepat akan mampu menggiring audiens yang sedang menikmati waktu senggang untuk melakukan pembelian melalui [i]email[/i]penawaran yang dikirimkan.
Selain pada waktu tertentu, kamu juga harus memikirkan hari apa yang cocok untuk mengirimkan penawaran pada audiens dengan mempertimbangkan beberapa aspek yang mungkin terjadi pada hari tersebut:
Salah satu data yang kamu butuhkan yaitu bagaimana perilaku audiens dalam mengunjungi [i]website[/i] kamu seperti pada jam berapa saja mereka berkunjung. Dari sini kamu bisa mencoba mengirimkan [i]email marketing[/i] pada jam ramai tersebut. Namun, jika kamu baru mulai melakukan penerapan strategi [i]email marketing[/i], tentu saja belum bisa menentukan kapan waktu terbaik mengirimkan [i]email marketing[/i] kepada pelanggan. Berikut beberapa waktu terbaik yang bisa kamu coba dalam pengiriman [i]email marketing[/i] pada tahun 2021.
[b]Pagi Hari Pukul 06.00 - 07.00[/b]
Waktu pertama yang bisa dicoba untuk meningkatkan [i]open rate email[/i] yaitu pagi hari pada sekitar jam 06.00 hingga jam 07.00. Pada jam ini, banyak sekali audiens yang baru memulai aktivitas sarapan sambil melihat beberapa hal di [i]smartphone[/i] mereka. Gunakan kesempatan ini untuk mengirimkan penawaran kepada audiens. Karena notifikasi yang muncul pada saat [i]smartphone[/i] digunakan menjadi daya tarik untuk audiens agar membuka email tersebut.
[b]Siang Hari Pukul 12.00 - 13.00[/b]
Selain pagi hari, waktu yang pas untuk mengirimkan [i]email marketing[/i] kepada audiens yaitu ketika jam makan siang, sekitar jam 12.00 - 13.00. Pada waktu ini, kamu bisa mengirimkan [i]email[/i]dengan headline yang mampu menarik perhatian mereka. Ketika melihat headline yang mengundang perhatian mereka, audiens akan tertarik dan membuka [i]email[/i] tersebut pada waktu luang tersebut.
[b]Malam Hari Pukul 19.00 - 20.00[/b]
Kemudian, waktu yang juga bisa digunakan untuk mengirimkan [i]email marketing[/i] pada tahun 2021 yaitu pada pukul 19.00 - 20.00. Pada waktu ini banyak audiens yang sudah selesai melakukan pekerjaan dan melepas dengan dengan melihat hiburan pada [i]smartphone[/i] mereka. Untuk memaksimalkan waktu santai ini, maka kamu harus mencoba [i]email automation[/i]pada jam ini. Penggunaan ornamen pada [i]email[/i] yang dikirim seperti penempatan foto dan tombol [i]Call-to-Action[/i] yang tepat akan mampu menggiring audiens yang sedang menikmati waktu senggang untuk melakukan pembelian melalui [i]email[/i]penawaran yang dikirimkan.
Selain pada waktu tertentu, kamu juga harus memikirkan hari apa yang cocok untuk mengirimkan penawaran pada audiens dengan mempertimbangkan beberapa aspek yang mungkin terjadi pada hari tersebut:
- Hari Senin: seperti yang kamu tahu, bahwa Senin adalah hari dimana banyak orang memulai pekerjaannya. Tentu saja audiens akan disibukkan dengan pekerjaan pada hari ini dan hanya fokus pada [i]email[/i] yang bersifat urgent. Hindari mengirimkan [i]email[/i] pada hari ini karena akan membuat [i]email[/i] yang dikirimkan menjadi tidak terbaca.
- Hari Selasa dan Rabu: setelah kesibukan pada hari Senin, biasanya audiens akan lebih santai pada hari Selasa dan Rabu sehingga mulai melihat [i]email[/i] yang mereka lewatkan. Gunakan kesempatan ini untuk menarik perhatian mereka dengan [i]email[/i] penawaran yang dibuat semenarik mungkin hingga tidak dapat dilewatkan.
- Hari Kamis: pada sebuah data yang diperoleh CoSchedule.com disimpulkan bahwa hari Kamis adalah hari [i][b]terbaik[/b][/i] untuk mengirimkan [i]email[/i] kepada audiens karena banyak pekerjaan yang sudah selesai pada hari sebelumnya. Namun, pada hari ini juga banyak kompetitor melakukan hal yang sama. Jadi, buat [i]email[/i]yang kamu kirim memiliki [i]trigger[/i] yang berbeda.
- Hari Jumat: ada beberapa pelaku bisnis yang mengirimkan [i]email[/i] pada hari Jumat, padahal Jumat adalah waktu dimana audiens menyiapkan banyak hal untuk menyambut weekend. Meskipun ada potensi [i]email[/i]terbaca, namun hari ini lebih baik dihindari.
- Hari Sabtu dan Minggu: weekend sendiri merupakan hari yang paling harus dihindari untuk pengiriman [i]email marketing[/i]. Karena banyak orang yang melakukan aktivitas berkumpul bersama keluarga sehingga penggunaan [i]gadget[/i] seperti laptop dan [i]smartphone[/i]berkurang.