07-15-2021, 05:29 AM (This post was last modified: 07-15-2021, 07:21 AM by charles.)
Saya baru mulai kerja terus tiba2 ditugasin untuk marketing di community,,
kebingungan harus mulai darimana,
apa community online yg kira2 cocok dan bagaimana cara masarinnya ya?
07-15-2021, 06:59 AM (This post was last modified: 07-15-2021, 07:19 AM by contentmarketer.)
7 strategi community marketing
1. Berpartisipasi
Bergabung dengan komunitas online karena memiliki kecintaan yang sama terhadap suatu produk, layanan, atau tujuan. Mereka ada di sana karena mereka ingin terhubung dengan orang lain, berbagi informasi, meneliti, dan belajar tentang topik apa pun yang Anda minati. Mereka ada di sana karena pilihan, bukan kewajiban. Mengingat hal ini dan menggunakan komunitas sebagai ruang untuk benar-benar berpartisipasi dalam percakapan dan mengenal orang-orang yang nongkrong di komunitas akan membuat perbedaan besar pada suasana online yang Anda buat
2. Berkontribusi seperti pro
Saat Anda membuat atau bergabung di komunitas, selalu ingat bahwa Anda adalah ahli di bidang dan topik Anda. Setiap kali Anda merespons, lakukanlah dari ruang untuk menambahkan nilai sebanyak mungkin sehingga orang melihat Anda sebagai otoritas dan ahli. Menerbitkan artikel yang mengedukasi, memberikan tip dan cara tidak hanya menyoroti keahlian Anda, tetapi juga membantu Anda memperkuat hubungan dengan audiens target Anda. Saat Anda fokus untuk benar-benar membantu audiens Anda alih-alih menggunakan jargon pemasaran – kemungkinan besar Anda akan membangun loyalitas.
3. Dapat diakses
Tidak ada yang suka diabaikan jadi pastikan Anda berpartisipasi dalam komunitas online Anda dan muncul secara teratur akan membantu orang lain membangun kepercayaan dengan Anda. Ini juga akan menambahkan elemen manusia ke dalam pemasaran Anda dan menciptakan rasa keaslian – sesuatu yang sangat disukai orang. Lagi pula, orang membeli dari orang.
4. Buat penggemar berbicara dan menanggapi
Tidak dapat disangkal bahwa pemasaran dari mulut ke mulut adalah alat pemasaran yang paling kuat. Orang-orang mempercayai teman, keluarga, dan teman sebaya mereka. Anda dapat menggunakan ini untuk keuntungan Anda dengan menemukan influencer positif dalam komunitas Anda dan memilih untuk terlibat dengan mereka untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan dalam bentuk diskon atau menjadi afiliasi. Ini membuat mereka merasa seperti bagian dari tim Anda dan membantu Anda mengembangkan bisnis secara organik.
5. Beriklan dengan cara yang informatif
Memberikan nilai kepada audiens Anda dengan beriklan dengan cara yang informatif adalah cara yang bagus untuk mendidik audiens Anda tentang apa yang Anda tawarkan tanpa terlihat curang. Ketika Anda menjawab FAQ misalnya atau berbicara tentang perubahan dalam industri Anda – Anda membuat orang tetap terlibat tanpa memaksa mereka untuk membeli produk atau layanan Anda.
6. Tetap konsisten
Jika orang tidak langsung muncul – jangan kehilangan harapan. Ketika Anda tetap konsisten dengan pendekatan Anda dan dengan konten yang Anda publikasikan, komunitas Anda akan tumbuh dan orang-orang secara alami akan membangun kepercayaan dengan apa yang Anda lakukan.
7. Terlibat
Menemukan cara untuk terlibat dengan audiens Anda dengan cara yang sesuai untuk mereka sangat penting. Apakah audiens Anda sibuk dan sedang bepergian? Jika demikian, mungkin video akan lebih cepat daripada menerbitkan posting blog. Jika Anda adalah komunitas tentang klub buku misalnya, maka mungkin audiens Anda akan lebih suka membaca dan posting blog akan lebih dihargai oleh mereka. Memanfaatkan fitur Jajak Pendapat adalah cara yang bagus untuk mengetahui jenis konten apa yang paling dihargai komunitas Anda dan untuk mendorong lebih banyak interaksi.
(07-15-2021, 05:29 AM)redfox Menulis: Saya baru mulai kerja terus tiba2 ditugasin untuk marketing di community,,
kebingungan harus mulai darimana,
apa community online yg kira2 cocok dan bagaimana cara masarinnya ya?
Minta usulnya bang..
thanks
Target audience produknya apa? Sesuaikan dengan mereka. Misalnya kalau ibu2, mungkin FB Group masih bisa jadi tempat utk itu. Beda audience, beda platform dan beda pendekatan.
(07-15-2021, 05:29 AM)redfox Menulis: Saya baru mulai kerja terus tiba2 ditugasin untuk marketing di community,,
kebingungan harus mulai darimana,
apa community online yg kira2 cocok dan bagaimana cara masarinnya ya?
Minta usulnya bang..
thanks
Target audience produknya apa? Sesuaikan dengan mereka. Misalnya kalau ibu2, mungkin FB Group masih bisa jadi tempat utk itu. Beda audience, beda platform dan beda pendekatan.
Nah ini betul, bisa bangun FB group sesuai audience Anda, forum dan banyak lagi