Strategi Retargeting Facebook: Cara Kreatif Penargetan Ulang Untuk Kamu
Apakah Anda menggunakan retargeting di Facebook dan Instagram? Ingin tahu bagaimana memanfaatkan retargeting iklan sehubungan dengan perubahan privasi terkini?
Kenapa Retargeting Facebook Masih Penting Meskipun Ada Perubahan Privasi Terbaru
Terlepas dari perubahan privasi baru-baru ini dengan Apple dan Google, masih ada cara untuk menggunakan Facebook agar tetap berada di depan orang yang Anda habiskan waktu dan uang untuk menarik perhatian.
Jika Anda melihat perjalanan pembeli, orang-orang yang menyukai, mengklik, membagikan, membuka, atau menonton konten Anda di Facebook telah mengambil beberapa tingkat sentuhan digital. Mereka berkata, "Dari semua hal di umpan berita saya, saya tertarik dengan ini" dan Anda tidak memerlukan piksel untuk menargetkan ulang mereka.
Facebook memungkinkan Anda menargetkan ulang orang-orang yang pernah mengunjungi halaman Facebook Anda atau terlibat dengan konten Anda (disukai, dikomentari, dibagikan, atau diklik), atau mengunjungi atau RSVP ke halaman acara Facebook Anda. Itu sama saja dengan Instagram. Jika mereka telah mengirimi Anda DM, mengunjungi profil Anda, atau mengikuti profil Anda, Anda dapat menargetkan ulang mereka.
Selain itu, Anda dapat menargetkan ulang tindakan yang dilakukan orang-orang pada iklan seperti berinteraksi dengan iklan formulir prospek. Anda dapat menargetkan orang-orang yang membuka formulir, membukanya tetapi tidak mengirimkannya, dan orang-orang yang membuka dan mengirimkannya.
Jika Anda memiliki daftar dengan nama pelanggan, email, dan nomor telepon — yang merupakan data yang sama yang digunakan orang untuk membuat akun Facebook atau Instagram — Facebook juga akan memungkinkan Anda untuk menargetkan mereka.
Facebook memungkinkan Anda mempersempit semua tindakan ini ke jangka waktu tertentu. Anda dapat kembali 365 hari untuk menargetkan orang-orang yang mengklik tombol ajakan bertindak, mengirimi Anda pesan, menyimpan posting, atau mengunjungi halaman Anda. Jadi, meskipun mereka tidak mengikuti Anda tetapi cukup penasaran untuk memeriksa halaman Anda, Anda dapat tetap berada di hadapan mereka.
Sekarang mari kita lihat beberapa cara kreatif untuk menargetkan ulang pemirsa ini di Facebook dan Instagram.
# 1: Targetkan Ulang Audiens Halaman Acara Facebook
Halaman acara Facebook adalah cara terbaik untuk membangun audiens yang dapat Anda targetkan ulang. Halaman ini berfungsi untuk acara gratis dan berbayar termasuk konferensi, seminar, webinar, peluncuran buku, open house real estat, dan banyak lagi. Pada dasarnya, untuk semua jenis acara langsung di mana Anda membutuhkan tubuh di kursi baik virtual atau secara langsung Anda dapat menggunakan halaman acara Facebook dengan kombinasi iklan halaman acara.
Jika Anda seorang agen real estat, Anda mungkin menggunakan halaman acara untuk open house yang akan datang dan menyertakan testimonial klien. Saat Anda mengarahkan lalu lintas ke halaman acara, Anda membangun faktor pengetahuan, suka, dan kepercayaan dengan bukti sosial.
Halaman acara juga akan berfungsi jika Anda melakukan tur rumah virtual sebagai pengganti open house secara langsung. Jika open house Anda adalah hari Sabtu pada siang hari, beri tahu semua orang bahwa Anda akan tampil di halaman acara untuk tur virtual. Orang-orang yang menonton live stream kemudian dapat mengajukan pertanyaan tentang apa yang mereka lihat saat Anda menunjukkan rumahnya kepada mereka.
Halaman acara Facebook secara fungsional sangat mirip dengan grup Facebook di mana setiap orang dapat memposting di dalamnya tetapi mereka memiliki keunggulan tertentu. Jika admin memposting di halaman acara Anda, orang-orang akan diberi tahu di bawah pemberitahuan dunia, yang sangat berguna. Dan Anda dapat menargetkan di dalam halaman acara, sedangkan Anda tidak dapat menargetkan secara langsung ke dalam grup.
Dengan halaman acara, Anda dapat menargetkan ulang siapa saja yang mengunjungi halaman tersebut atau mengklik Pergi atau Tertarik. Meskipun seseorang tidak menghadiri acara Anda, hanya fakta bahwa mereka memeriksa laman Anda menandakan bahwa mereka memiliki tingkat ketertarikan tertentu. Mereka mungkin tidak tersedia untuk hari dan waktu tertentu, tetapi mungkin tertarik dengan acara Anda di masa mendatang.
Anda juga dapat menargetkan ulang orang-orang yang terlibat dengan postingan di halaman acara Anda.
Jadi, jika mereka mengklik, mengomentari, menyukai, atau membagikan postingan atau iklan apa pun yang berasal dari halaman acara Anda, Facebook memungkinkan Anda menargetkan ulang mereka. Jika Anda memposting video atau streaming video Facebook Live di halaman acara, Anda dapat menargetkan ulang orang-orang yang telah menonton 25%, 50%, 75%, atau lebih dari video tersebut. Tristen merekomendasikan untuk menargetkan ulang orang-orang yang menonton setidaknya 50%.
Selain itu, Anda dapat menargetkan ulang orang-orang yang telah mengeklik tautan tiket Anda dan orang yang telah membeli (jika Anda tidak menjual tiket langsung melalui Facebook).
Saat Anda mengatur halaman acara, pastikan Anda dapat membuatnya dari halaman bisnis Facebook Anda daripada profil pribadi Anda sehingga Anda dapat melakukan penargetan ulang dan mendapatkan akses ke analitik.
Untuk menjaga audiens Anda tetap terlibat, posting testimonial klien, video promo, dan update di halaman acara Anda. Misalnya, jika Anda memiliki webinar atau konferensi dan ingin mengumumkan pembicara baru, buat postingan di halaman acara Anda. Siapa pun yang telah memilih Pergi atau Tertarik akan menerima pemberitahuan setiap kali Anda memposting di halaman.
Anda juga akan mendapatkan link ke halaman acara Anda yang dapat Anda bagikan. Jadi, Anda dapat mengirim email atau mengirim teks tautan ke daftar pelanggan Anda untuk memberi tahu orang-orang bahwa Anda memiliki acara yang akan datang. Beri tahu mereka untuk mengklik link ke RSVP. Setelah mereka mengklik link tersebut, mereka akan dibawa ke halaman acara Facebook. Jika Anda ingin mereka menggunakan Eventbrite atau beberapa jenis perangkat lunak tiket, Anda dapat menyematkan tautan di sana.
Anda juga dapat membagikan link ke halaman acara di tanda tangan email Anda dan membagikannya ke grup, posting, dan halaman Facebook yang berbeda
Gunakan Iklan Berbayar untuk Mendorong Lalu Lintas ke Halaman Acara Facebook Anda
Setelah Anda menyiapkan halaman acara, seberapa besar upaya Anda dari periklanan yang harus dihabiskan untuk mendapatkan orang baru ke acara tersebut dibandingkan dengan menargetkan ulang orang-orang yang sudah menemukan acara tersebut secara organik?
Anda tetap ingin menggunakan beberapa iklan berbayar untuk mengarahkan lalu lintas bertarget ke acara itu. Perbedaan antara hanya membuat acara dan "memposting dan berharap" adalah saat Anda membuat iklan, Anda membayar Facebook atau Instagram untuk memaksakan iklan tersebut ke ponsel, tablet, dan komputer target pasar Anda. Jadi, jika Anda menargetkan wanita pemilik bisnis atau profesional yang sudah menikah, Anda dapat memastikan bahwa audiens tersebut melihat iklan Anda.
Dengan setiap aspek penargetan yang tersedia di Pengelola Iklan, Anda dapat menentukan siapa yang kemungkinan besar akan RSVP dan berkonversi untuk acara Anda.
# 2: Targetkan Ulang Pelanggan di Facebook melalui Daftar Email Anda
Jika Anda memiliki daftar pelanggan atau prospek, Anda dapat mengunggah daftar itu ke Facebook sehingga Anda dapat menjalankan iklan ke audiens itu. Selain itu, Anda dapat membangun audiens yang mirip dari audiens tersebut sehingga Facebook akan menemukan orang-orang yang mirip dengan pelanggan Anda.
Anda harus memasukkan semua data pelanggan ini — termasuk nama, nomor telepon, dan email — ke dalam file CSV untuk menguploadnya ke Facebook. Facebook kemudian akan menggunakan data ini untuk mencoba mencocokkan kontak Anda dengan profil Facebook.
Idealnya, Anda menginginkan email pribadi dan nomor telepon pribadi pelanggan Anda karena kebanyakan orang tidak membuat akun Facebook dengan email kantor atau nomor telepon kantor mereka. Jika Anda memiliki nomor telepon pribadi mereka, itu sudah cukup bagi Facebook untuk mencocokkan pelanggan itu dengan profil Facebook mereka.
# 3: Targetkan Ulang Pengunjung Profil Instagram
Facebook juga memungkinkan Anda menargetkan ulang orang-orang yang terlibat dengan Anda di Instagram. Ini termasuk orang-orang yang melihat profil Instagram Anda, mengikuti akun Anda, terlibat dengan konten atau iklan Anda, atau mengirimi Anda DM. Anda dapat membuat audiens khusus berdasarkan kriteria ini untuk menargetkan ulang pengguna Instagram ini dengan iklan.
# 4: Rancang Strategi Penargetan Ulang Facebook yang Berfungsi untuk Bisnis Anda
Semua audiens penargetan ulang yang telah kita bicarakan ini adalah audiens kustom dan Anda harus membuka Pengelola Iklan Facebook untuk membuatnya. Kabar baiknya adalah Facebook mengumpulkan semua data ini baik Anda menargetkannya atau tidak. Jadi, jika Anda baru saja memulai strategi penargetan ulang, Anda dapat menargetkan ulang tindakan dan peristiwa di masa lalu saat Anda menyiapkan audiens khusus.
Ada berbagai strategi dan corong untuk penargetan ulang di Facebook, tetapi salah satu yang paling umum adalah "tahu, suka, percaya." Anda ingin orang-orang di bagian atas corong mengenal Anda sehingga pos atau iklan pertama Anda bisa menjadi video kesadaran merek yang memberi tahu orang-orang tentang bisnis Anda. Kemudian setelah mereka mengetahui Anda, berikan mereka sesuatu secara gratis (seperti magnet utama) agar mereka mulai menyukai Anda.
Dan setelah mereka mengambil dua langkah pertama itu — mungkin menonton video dan memilih magnet utama Anda — Anda dapat mengirimi mereka beberapa testimonial klien untuk membangun kepercayaan.
Setelah Anda menurunkan mereka dari tangga atau corong itu, Anda dapat mulai meminta mereka untuk berkonversi. Minta mereka untuk mengambil diskon, membeli produk Anda, RSVP, atau melakukan tindakan serupa.
Targetkan Ulang Audiens Hangat di Facebook Dengan Urutan Iklan Video
Anda juga dapat menyiapkan urutan iklan video di mana siapa saja yang menonton dengan persentase tertentu dari iklan video pertama Anda akan melihat iklan video kedua. Siapa pun yang menonton dengan persentase tertentu dari iklan kedua akan melihat iklan ketiga.
Misalkan, setiap iklan diantrekan hingga orang-orang harus menonton setidaknya 50% atau lebih video untuk menayangkan video berikutnya secara berurutan. Jadi jika mereka menonton setidaknya 50% video A, Anda akan menargetkan ulang mereka dengan video B, yang mungkin berupa testimoni klien atau magnet utama. Jika mereka menonton setidaknya 50% video B, mereka akan melihat video ketiga Anda, yang mungkin berupa webinar.
Anda tahu jika mereka sampai ke video ketiga, mereka memiliki niat yang tinggi, sehingga Anda dapat mulai mencoba untuk mengubah mereka— "beli ini", "jadwalkan panggilan dengan saya", dan seterusnya. Anda juga telah membangun faktor tahu, seperti, kepercayaan karena mereka sudah melihat Anda setidaknya tiga kali.
Kenapa Retargeting Facebook Masih Penting Meskipun Ada Perubahan Privasi Terbaru
Terlepas dari perubahan privasi baru-baru ini dengan Apple dan Google, masih ada cara untuk menggunakan Facebook agar tetap berada di depan orang yang Anda habiskan waktu dan uang untuk menarik perhatian.
Jika Anda melihat perjalanan pembeli, orang-orang yang menyukai, mengklik, membagikan, membuka, atau menonton konten Anda di Facebook telah mengambil beberapa tingkat sentuhan digital. Mereka berkata, "Dari semua hal di umpan berita saya, saya tertarik dengan ini" dan Anda tidak memerlukan piksel untuk menargetkan ulang mereka.
Facebook memungkinkan Anda menargetkan ulang orang-orang yang pernah mengunjungi halaman Facebook Anda atau terlibat dengan konten Anda (disukai, dikomentari, dibagikan, atau diklik), atau mengunjungi atau RSVP ke halaman acara Facebook Anda. Itu sama saja dengan Instagram. Jika mereka telah mengirimi Anda DM, mengunjungi profil Anda, atau mengikuti profil Anda, Anda dapat menargetkan ulang mereka.
Selain itu, Anda dapat menargetkan ulang tindakan yang dilakukan orang-orang pada iklan seperti berinteraksi dengan iklan formulir prospek. Anda dapat menargetkan orang-orang yang membuka formulir, membukanya tetapi tidak mengirimkannya, dan orang-orang yang membuka dan mengirimkannya.
Jika Anda memiliki daftar dengan nama pelanggan, email, dan nomor telepon — yang merupakan data yang sama yang digunakan orang untuk membuat akun Facebook atau Instagram — Facebook juga akan memungkinkan Anda untuk menargetkan mereka.
Facebook memungkinkan Anda mempersempit semua tindakan ini ke jangka waktu tertentu. Anda dapat kembali 365 hari untuk menargetkan orang-orang yang mengklik tombol ajakan bertindak, mengirimi Anda pesan, menyimpan posting, atau mengunjungi halaman Anda. Jadi, meskipun mereka tidak mengikuti Anda tetapi cukup penasaran untuk memeriksa halaman Anda, Anda dapat tetap berada di hadapan mereka.
Sekarang mari kita lihat beberapa cara kreatif untuk menargetkan ulang pemirsa ini di Facebook dan Instagram.
# 1: Targetkan Ulang Audiens Halaman Acara Facebook
Halaman acara Facebook adalah cara terbaik untuk membangun audiens yang dapat Anda targetkan ulang. Halaman ini berfungsi untuk acara gratis dan berbayar termasuk konferensi, seminar, webinar, peluncuran buku, open house real estat, dan banyak lagi. Pada dasarnya, untuk semua jenis acara langsung di mana Anda membutuhkan tubuh di kursi baik virtual atau secara langsung Anda dapat menggunakan halaman acara Facebook dengan kombinasi iklan halaman acara.
Jika Anda seorang agen real estat, Anda mungkin menggunakan halaman acara untuk open house yang akan datang dan menyertakan testimonial klien. Saat Anda mengarahkan lalu lintas ke halaman acara, Anda membangun faktor pengetahuan, suka, dan kepercayaan dengan bukti sosial.
Halaman acara juga akan berfungsi jika Anda melakukan tur rumah virtual sebagai pengganti open house secara langsung. Jika open house Anda adalah hari Sabtu pada siang hari, beri tahu semua orang bahwa Anda akan tampil di halaman acara untuk tur virtual. Orang-orang yang menonton live stream kemudian dapat mengajukan pertanyaan tentang apa yang mereka lihat saat Anda menunjukkan rumahnya kepada mereka.
Halaman acara Facebook secara fungsional sangat mirip dengan grup Facebook di mana setiap orang dapat memposting di dalamnya tetapi mereka memiliki keunggulan tertentu. Jika admin memposting di halaman acara Anda, orang-orang akan diberi tahu di bawah pemberitahuan dunia, yang sangat berguna. Dan Anda dapat menargetkan di dalam halaman acara, sedangkan Anda tidak dapat menargetkan secara langsung ke dalam grup.
Dengan halaman acara, Anda dapat menargetkan ulang siapa saja yang mengunjungi halaman tersebut atau mengklik Pergi atau Tertarik. Meskipun seseorang tidak menghadiri acara Anda, hanya fakta bahwa mereka memeriksa laman Anda menandakan bahwa mereka memiliki tingkat ketertarikan tertentu. Mereka mungkin tidak tersedia untuk hari dan waktu tertentu, tetapi mungkin tertarik dengan acara Anda di masa mendatang.
Anda juga dapat menargetkan ulang orang-orang yang terlibat dengan postingan di halaman acara Anda.
Jadi, jika mereka mengklik, mengomentari, menyukai, atau membagikan postingan atau iklan apa pun yang berasal dari halaman acara Anda, Facebook memungkinkan Anda menargetkan ulang mereka. Jika Anda memposting video atau streaming video Facebook Live di halaman acara, Anda dapat menargetkan ulang orang-orang yang telah menonton 25%, 50%, 75%, atau lebih dari video tersebut. Tristen merekomendasikan untuk menargetkan ulang orang-orang yang menonton setidaknya 50%.
Selain itu, Anda dapat menargetkan ulang orang-orang yang telah mengeklik tautan tiket Anda dan orang yang telah membeli (jika Anda tidak menjual tiket langsung melalui Facebook).
Saat Anda mengatur halaman acara, pastikan Anda dapat membuatnya dari halaman bisnis Facebook Anda daripada profil pribadi Anda sehingga Anda dapat melakukan penargetan ulang dan mendapatkan akses ke analitik.
Untuk menjaga audiens Anda tetap terlibat, posting testimonial klien, video promo, dan update di halaman acara Anda. Misalnya, jika Anda memiliki webinar atau konferensi dan ingin mengumumkan pembicara baru, buat postingan di halaman acara Anda. Siapa pun yang telah memilih Pergi atau Tertarik akan menerima pemberitahuan setiap kali Anda memposting di halaman.
Anda juga akan mendapatkan link ke halaman acara Anda yang dapat Anda bagikan. Jadi, Anda dapat mengirim email atau mengirim teks tautan ke daftar pelanggan Anda untuk memberi tahu orang-orang bahwa Anda memiliki acara yang akan datang. Beri tahu mereka untuk mengklik link ke RSVP. Setelah mereka mengklik link tersebut, mereka akan dibawa ke halaman acara Facebook. Jika Anda ingin mereka menggunakan Eventbrite atau beberapa jenis perangkat lunak tiket, Anda dapat menyematkan tautan di sana.
Anda juga dapat membagikan link ke halaman acara di tanda tangan email Anda dan membagikannya ke grup, posting, dan halaman Facebook yang berbeda
Gunakan Iklan Berbayar untuk Mendorong Lalu Lintas ke Halaman Acara Facebook Anda
Setelah Anda menyiapkan halaman acara, seberapa besar upaya Anda dari periklanan yang harus dihabiskan untuk mendapatkan orang baru ke acara tersebut dibandingkan dengan menargetkan ulang orang-orang yang sudah menemukan acara tersebut secara organik?
Anda tetap ingin menggunakan beberapa iklan berbayar untuk mengarahkan lalu lintas bertarget ke acara itu. Perbedaan antara hanya membuat acara dan "memposting dan berharap" adalah saat Anda membuat iklan, Anda membayar Facebook atau Instagram untuk memaksakan iklan tersebut ke ponsel, tablet, dan komputer target pasar Anda. Jadi, jika Anda menargetkan wanita pemilik bisnis atau profesional yang sudah menikah, Anda dapat memastikan bahwa audiens tersebut melihat iklan Anda.
Dengan setiap aspek penargetan yang tersedia di Pengelola Iklan, Anda dapat menentukan siapa yang kemungkinan besar akan RSVP dan berkonversi untuk acara Anda.
# 2: Targetkan Ulang Pelanggan di Facebook melalui Daftar Email Anda
Jika Anda memiliki daftar pelanggan atau prospek, Anda dapat mengunggah daftar itu ke Facebook sehingga Anda dapat menjalankan iklan ke audiens itu. Selain itu, Anda dapat membangun audiens yang mirip dari audiens tersebut sehingga Facebook akan menemukan orang-orang yang mirip dengan pelanggan Anda.
Anda harus memasukkan semua data pelanggan ini — termasuk nama, nomor telepon, dan email — ke dalam file CSV untuk menguploadnya ke Facebook. Facebook kemudian akan menggunakan data ini untuk mencoba mencocokkan kontak Anda dengan profil Facebook.
Idealnya, Anda menginginkan email pribadi dan nomor telepon pribadi pelanggan Anda karena kebanyakan orang tidak membuat akun Facebook dengan email kantor atau nomor telepon kantor mereka. Jika Anda memiliki nomor telepon pribadi mereka, itu sudah cukup bagi Facebook untuk mencocokkan pelanggan itu dengan profil Facebook mereka.
# 3: Targetkan Ulang Pengunjung Profil Instagram
Facebook juga memungkinkan Anda menargetkan ulang orang-orang yang terlibat dengan Anda di Instagram. Ini termasuk orang-orang yang melihat profil Instagram Anda, mengikuti akun Anda, terlibat dengan konten atau iklan Anda, atau mengirimi Anda DM. Anda dapat membuat audiens khusus berdasarkan kriteria ini untuk menargetkan ulang pengguna Instagram ini dengan iklan.
# 4: Rancang Strategi Penargetan Ulang Facebook yang Berfungsi untuk Bisnis Anda
Semua audiens penargetan ulang yang telah kita bicarakan ini adalah audiens kustom dan Anda harus membuka Pengelola Iklan Facebook untuk membuatnya. Kabar baiknya adalah Facebook mengumpulkan semua data ini baik Anda menargetkannya atau tidak. Jadi, jika Anda baru saja memulai strategi penargetan ulang, Anda dapat menargetkan ulang tindakan dan peristiwa di masa lalu saat Anda menyiapkan audiens khusus.
Ada berbagai strategi dan corong untuk penargetan ulang di Facebook, tetapi salah satu yang paling umum adalah "tahu, suka, percaya." Anda ingin orang-orang di bagian atas corong mengenal Anda sehingga pos atau iklan pertama Anda bisa menjadi video kesadaran merek yang memberi tahu orang-orang tentang bisnis Anda. Kemudian setelah mereka mengetahui Anda, berikan mereka sesuatu secara gratis (seperti magnet utama) agar mereka mulai menyukai Anda.
Dan setelah mereka mengambil dua langkah pertama itu — mungkin menonton video dan memilih magnet utama Anda — Anda dapat mengirimi mereka beberapa testimonial klien untuk membangun kepercayaan.
Setelah Anda menurunkan mereka dari tangga atau corong itu, Anda dapat mulai meminta mereka untuk berkonversi. Minta mereka untuk mengambil diskon, membeli produk Anda, RSVP, atau melakukan tindakan serupa.
Targetkan Ulang Audiens Hangat di Facebook Dengan Urutan Iklan Video
Anda juga dapat menyiapkan urutan iklan video di mana siapa saja yang menonton dengan persentase tertentu dari iklan video pertama Anda akan melihat iklan video kedua. Siapa pun yang menonton dengan persentase tertentu dari iklan kedua akan melihat iklan ketiga.
Misalkan, setiap iklan diantrekan hingga orang-orang harus menonton setidaknya 50% atau lebih video untuk menayangkan video berikutnya secara berurutan. Jadi jika mereka menonton setidaknya 50% video A, Anda akan menargetkan ulang mereka dengan video B, yang mungkin berupa testimoni klien atau magnet utama. Jika mereka menonton setidaknya 50% video B, mereka akan melihat video ketiga Anda, yang mungkin berupa webinar.
Anda tahu jika mereka sampai ke video ketiga, mereka memiliki niat yang tinggi, sehingga Anda dapat mulai mencoba untuk mengubah mereka— "beli ini", "jadwalkan panggilan dengan saya", dan seterusnya. Anda juga telah membangun faktor tahu, seperti, kepercayaan karena mereka sudah melihat Anda setidaknya tiga kali.
05-06-2021, 06:35 AM
Thx so much kawan, tutorialnya mantep
« Lanjut Terlama | Lanjut Terbaru »
Pengguna yang menjelajahi thread ini: 1 Tamu