04-19-2021, 03:45 AM
Saat menambahkan konten ke situs web Anda, ada banyak faktor penting yang menentukan peringkat halaman Anda. Pada artikel berikut ini, saya menyusun daftar beberapa faktor terpenting untuk dipertimbangkan saat membuat konten SEO pada tahun 2021.
Dengan mengikuti panduan di bawah ini, Anda dapat membantu peringkat situs web Anda lebih tinggi di mesin pencari dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pengunjung Anda.
Berikut ini SEO Checklist 2021 yang merupakan faktor penting dalam membuat konten.
Konten Berkualitas
Mesin pencari menyukai konten yang berkualitas karena pengguna Anda juga menyukainya. Mesin pencari lebih menyukai konten yang lebih panjang dan lebih detail daripada konten yang lebih pendek dan tidak jelas. Beberapa tip yang harus diikuti saat menulis untuk situs web Anda diuraikan di bawah ini.
Fokus untuk membuat konten Anda memberikan informasi yang berkualitas. Konten yang lebih panjang dapat meningkatkan waktu tunggu pembaca. Ini menandakan konten berkualitas
Google ketika pengguna tidak langsung keluar. Idealnya, bidik 300 kata atau lebih per halaman. Berikan detail dan contoh topik Anda di seluruh konten Anda untuk membantu menambah panjangnya.
Gunakan kata kunci target Anda pada 100 – 150 kata pertama menggunakan kata kunci lainnya di seluruh konten Anda.
Hanya gunakan kata kunci target Anda di tempat yang paling masuk akal. Menambahkan terlalu banyak kata kunci di seluruh konten Anda dianggap “penjejalan kata kunci”. Pengisian kata kunci tidak disukai dan tidak hanya akan membuat konten Anda kurang relevan, tetapi mesin pencari mungkin tidak memberi peringkat tinggi pada situs web Anda karena itu. Idealnya, gunakan kata kunci target Anda 4 – 5 kali di seluruh konten Anda.
Judul
Judul biasanya tidak memengaruhi skor SEO situs web Anda. Namun, tajuk yang dioptimalkan membantu menyusun konten Anda untuk mesin telusur dan pengunjung Anda. Pertimbangkan tip berikut saat menulis judul untuk situs web Anda.
Judul satu (H1) harus dimasukkan pada halaman hanya sekali. Judul halaman Anda dan H1 harus menyertakan kata kunci target Anda.
Gunakan judul tambahan (H2, H3, H4, H5. H6) untuk membantu memecah konten Anda menjadi bagian-bagian yang dapat dicerna oleh pengunjung Anda.
Gunakan kata kunci Anda di seluruh tajuk Anda tetapi hanya jika setiap kata kunci masuk akal.
Alat
Gunakan alat peneletian kata kunci untuk membantu Anda mengoptimalkan konten agar lebih mudah dibaca seperti Yoast SEO. Tergantung pada subjek konten Anda. Anda ingin membidik skor yang sejalan dengan subjek dan audiens pengunjung Anda. Mesin pencari cerdas dan terus diperbarui untuk memahami dan memproses konten seperti halnya manusia. Mesin telusur memahami saat konten Anda tidak masuk akal atau menggunakan “pengisi” atau “penjejalan kata kunci” untuk mencoba dan mendapatkan keuntungan peringkat SEO.
Gambar yang Relevan
Semua orang menyukai gambar! Citra yang relevan dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna situs Anda dan meningkatkan keterlibatan pengguna. Citra harus mengikuti pedoman ini saat digabungkan dengan konten Anda.
Selalu gunakan bahasa sederhana saat memberi nama file gambar. Mesin pencari tidak dapat melihat gambar Anda sehingga mereka menggunakan nama file untuk memahami gambar tersebut.
Sertakan salah satu kata kunci halaman jika sesuai dengan nama file gambar Anda.
Sertakan tag ALT untuk gambar, di dalam tag ALT itu, masukkan kata kunci target Anda jika memungkinkan. Tag ALT membantu pengunjung yang gambarnya dimatikan atau yang memiliki gangguan penglihatan. Dalam kasus ini, tag ALT ditampilkan atau dibacakan kepada pengunjung.
File citra dapat berukuran besar dalam ukuran file dan gambar yang besar dapat memperlambat waktu buka situs web Anda. Pengunjung tidak suka menunggu situs web dimuat, kita semua pernah ke sana. Penting untuk membuat web gambar Anda siap dengan menggunakan perangkat lunak kompresi untuk mengompresi gambar Anda menjadi ukuran file yang lebih kecil. Ini akan membantu situs web Anda memuat lebih cepat dan mencegah pengunjung meninggalkan situs Anda.
Ukur gambar dengan tepat untuk halaman, jangan gunakan gambar yang terlalu besar atau kecil.
URL
URL adalah pengidentifikasi yang digunakan untuk mengakses halaman Anda. URL adalah salah satu item yang digunakan oleh mesin pencari untuk menentukan tentang apa halaman Anda dan memengaruhi peringkat SEO Anda. Panduan berikut akan membantu Anda membuat URL yang dioptimalkan untuk SEO di seluruh situs web Anda:
Sertakan kata kunci target Anda di URL Anda.
Jaga agar URL dapat dibaca manusia.
Gunakan tanda hubung untuk spasi antar kata.
Buat URL sesingkat mungkin.
Gunakan folder di URL Anda tetapi gunakan dengan hemat.
Judul halaman
Judul halaman adalah hal pertama yang muncul di halaman hasil mesin pencari (SERP). Pengunjung akan menggunakan judul halaman Anda untuk membantu menentukan apakah halaman tersebut relevan dengan pencarian mereka. Saat membuat judul halaman, ingat pedoman ini:
Sertakan kata kunci target Anda di awal judul halaman.
Pastikan judul halaman Anda 60 karakter atau kurang. Di dalam halaman hasil mesin pencari (SERP), ukuran judul halaman Anda yang disajikan kepada pengguna adalah sekitar 60 karakter. Untuk memastikan semua judul halaman Anda terlihat dalam hasil pencarian, pertahankan judul halaman Anda hingga 60 karakter atau kurang.
Deskripsi meta
Deskripsi meta ditampilkan di halaman hasil mesin pencari (SERP) sebagai deskripsi tentang halaman Anda. Pengunjung akan menggunakan deskripsi halaman Anda untuk lebih membantu mereka menentukan apakah halaman tersebut relevan dengan pencarian mereka. Saat membuat deskripsi meta kustom yang menjelaskan tujuan halaman Anda, ingat tips berikut:
Pertahankan panjang deskripsi meta hingga 148 – 160 karakter.
Gunakan kalimat lengkap dan sertakan kata kunci target halaman Anda.
Sertakan ajakan bertindak (CTA) dalam deskripsi meta Anda seperti “Hubungi Kami Hari Ini!” atau “Lihat Layanan Kami!”. Ajakan bertindak membantu pengguna mengambil tindakan berikutnya.
Tautan internal
Menyediakan tautan internal ke halaman relevan lainnya yang terkait dengan konten Anda akan membantu meningkatkan keterlibatan di seluruh situs Anda. Tautan internal membantu mesin telusur membuat hierarki halaman dalam situs web Anda. Hanya tautkan ke konten yang relevan dengan konten halaman Anda.
Tautan sumber
Jika Anda mengutip sumber luar dalam konten Anda, sertakan tautan ke sumber informasi Anda di seluruh konten Anda. Saat situs menautkan ke situs lain, ini menciptakan sinyal ke mesin pencari bahwa informasi relevan dengan konten Anda dan konten dapat dipercaya serta berkualitas tinggi. Karena konten dilihat oleh mesin telusur sebagai sangat relevan dan berkualitas lebih tinggi, SEO Anda meningkat seiring dengan tautan sumber.
Dengan mengikuti panduan di bawah ini, Anda dapat membantu peringkat situs web Anda lebih tinggi di mesin pencari dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pengunjung Anda.
Berikut ini SEO Checklist 2021 yang merupakan faktor penting dalam membuat konten.
Konten Berkualitas
Mesin pencari menyukai konten yang berkualitas karena pengguna Anda juga menyukainya. Mesin pencari lebih menyukai konten yang lebih panjang dan lebih detail daripada konten yang lebih pendek dan tidak jelas. Beberapa tip yang harus diikuti saat menulis untuk situs web Anda diuraikan di bawah ini.
Fokus untuk membuat konten Anda memberikan informasi yang berkualitas. Konten yang lebih panjang dapat meningkatkan waktu tunggu pembaca. Ini menandakan konten berkualitas
Google ketika pengguna tidak langsung keluar. Idealnya, bidik 300 kata atau lebih per halaman. Berikan detail dan contoh topik Anda di seluruh konten Anda untuk membantu menambah panjangnya.
Gunakan kata kunci target Anda pada 100 – 150 kata pertama menggunakan kata kunci lainnya di seluruh konten Anda.
Hanya gunakan kata kunci target Anda di tempat yang paling masuk akal. Menambahkan terlalu banyak kata kunci di seluruh konten Anda dianggap “penjejalan kata kunci”. Pengisian kata kunci tidak disukai dan tidak hanya akan membuat konten Anda kurang relevan, tetapi mesin pencari mungkin tidak memberi peringkat tinggi pada situs web Anda karena itu. Idealnya, gunakan kata kunci target Anda 4 – 5 kali di seluruh konten Anda.
Judul
Judul biasanya tidak memengaruhi skor SEO situs web Anda. Namun, tajuk yang dioptimalkan membantu menyusun konten Anda untuk mesin telusur dan pengunjung Anda. Pertimbangkan tip berikut saat menulis judul untuk situs web Anda.
Judul satu (H1) harus dimasukkan pada halaman hanya sekali. Judul halaman Anda dan H1 harus menyertakan kata kunci target Anda.
Gunakan judul tambahan (H2, H3, H4, H5. H6) untuk membantu memecah konten Anda menjadi bagian-bagian yang dapat dicerna oleh pengunjung Anda.
Gunakan kata kunci Anda di seluruh tajuk Anda tetapi hanya jika setiap kata kunci masuk akal.
Alat
Gunakan alat peneletian kata kunci untuk membantu Anda mengoptimalkan konten agar lebih mudah dibaca seperti Yoast SEO. Tergantung pada subjek konten Anda. Anda ingin membidik skor yang sejalan dengan subjek dan audiens pengunjung Anda. Mesin pencari cerdas dan terus diperbarui untuk memahami dan memproses konten seperti halnya manusia. Mesin telusur memahami saat konten Anda tidak masuk akal atau menggunakan “pengisi” atau “penjejalan kata kunci” untuk mencoba dan mendapatkan keuntungan peringkat SEO.
Gambar yang Relevan
Semua orang menyukai gambar! Citra yang relevan dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna situs Anda dan meningkatkan keterlibatan pengguna. Citra harus mengikuti pedoman ini saat digabungkan dengan konten Anda.
Selalu gunakan bahasa sederhana saat memberi nama file gambar. Mesin pencari tidak dapat melihat gambar Anda sehingga mereka menggunakan nama file untuk memahami gambar tersebut.
Sertakan salah satu kata kunci halaman jika sesuai dengan nama file gambar Anda.
Sertakan tag ALT untuk gambar, di dalam tag ALT itu, masukkan kata kunci target Anda jika memungkinkan. Tag ALT membantu pengunjung yang gambarnya dimatikan atau yang memiliki gangguan penglihatan. Dalam kasus ini, tag ALT ditampilkan atau dibacakan kepada pengunjung.
File citra dapat berukuran besar dalam ukuran file dan gambar yang besar dapat memperlambat waktu buka situs web Anda. Pengunjung tidak suka menunggu situs web dimuat, kita semua pernah ke sana. Penting untuk membuat web gambar Anda siap dengan menggunakan perangkat lunak kompresi untuk mengompresi gambar Anda menjadi ukuran file yang lebih kecil. Ini akan membantu situs web Anda memuat lebih cepat dan mencegah pengunjung meninggalkan situs Anda.
Ukur gambar dengan tepat untuk halaman, jangan gunakan gambar yang terlalu besar atau kecil.
URL
URL adalah pengidentifikasi yang digunakan untuk mengakses halaman Anda. URL adalah salah satu item yang digunakan oleh mesin pencari untuk menentukan tentang apa halaman Anda dan memengaruhi peringkat SEO Anda. Panduan berikut akan membantu Anda membuat URL yang dioptimalkan untuk SEO di seluruh situs web Anda:
Sertakan kata kunci target Anda di URL Anda.
Jaga agar URL dapat dibaca manusia.
Gunakan tanda hubung untuk spasi antar kata.
Buat URL sesingkat mungkin.
Gunakan folder di URL Anda tetapi gunakan dengan hemat.
Judul halaman
Judul halaman adalah hal pertama yang muncul di halaman hasil mesin pencari (SERP). Pengunjung akan menggunakan judul halaman Anda untuk membantu menentukan apakah halaman tersebut relevan dengan pencarian mereka. Saat membuat judul halaman, ingat pedoman ini:
Sertakan kata kunci target Anda di awal judul halaman.
Pastikan judul halaman Anda 60 karakter atau kurang. Di dalam halaman hasil mesin pencari (SERP), ukuran judul halaman Anda yang disajikan kepada pengguna adalah sekitar 60 karakter. Untuk memastikan semua judul halaman Anda terlihat dalam hasil pencarian, pertahankan judul halaman Anda hingga 60 karakter atau kurang.
Deskripsi meta
Deskripsi meta ditampilkan di halaman hasil mesin pencari (SERP) sebagai deskripsi tentang halaman Anda. Pengunjung akan menggunakan deskripsi halaman Anda untuk lebih membantu mereka menentukan apakah halaman tersebut relevan dengan pencarian mereka. Saat membuat deskripsi meta kustom yang menjelaskan tujuan halaman Anda, ingat tips berikut:
Pertahankan panjang deskripsi meta hingga 148 – 160 karakter.
Gunakan kalimat lengkap dan sertakan kata kunci target halaman Anda.
Sertakan ajakan bertindak (CTA) dalam deskripsi meta Anda seperti “Hubungi Kami Hari Ini!” atau “Lihat Layanan Kami!”. Ajakan bertindak membantu pengguna mengambil tindakan berikutnya.
Tautan internal
Menyediakan tautan internal ke halaman relevan lainnya yang terkait dengan konten Anda akan membantu meningkatkan keterlibatan di seluruh situs Anda. Tautan internal membantu mesin telusur membuat hierarki halaman dalam situs web Anda. Hanya tautkan ke konten yang relevan dengan konten halaman Anda.
Tautan sumber
Jika Anda mengutip sumber luar dalam konten Anda, sertakan tautan ke sumber informasi Anda di seluruh konten Anda. Saat situs menautkan ke situs lain, ini menciptakan sinyal ke mesin pencari bahwa informasi relevan dengan konten Anda dan konten dapat dipercaya serta berkualitas tinggi. Karena konten dilihat oleh mesin telusur sebagai sangat relevan dan berkualitas lebih tinggi, SEO Anda meningkat seiring dengan tautan sumber.