05-01-2021, 12:58 AM
(This post was last modified: 05-01-2021, 01:22 AM by aiodigital.)
Facebook pixel setup
Langkah 1: Buat Pixel Facebook
1. Dari Facebook Event Manager Anda, klik connect ke Sumber Data di menu sebelah kiri, lalu pilih Web. Klik Mulai untuk melanjutkan.
2. Pilih Facebook Pixel, lalu klik Connect.
Beri nama Pixel Anda, masukkan URL situs web Anda, dan klik (Continue) Lanjutkan.
Saat memilih nama piksel, perlu diingat bahwa dengan Event Manager, Anda hanya mendapatkan satu pixel untuk setiap akun iklan. Nama tersebut harus mewakili bisnis Anda, bukan kampanye tertentu.
Jika Anda ingin menggunakan lebih dari satu piksel per akun iklan, Anda dapat melakukannya menggunakan Facebook Business Manager.
Langkah 2: Tambahkan kode Pixel Facebook ke situs web Anda
Agar Pixel berfungsi mengumpulkan informasi di situs web Anda, Anda sekarang perlu menginstal beberapa kode pixel Facebook di halaman web Anda.
Ada beberapa cara untuk melakukan ini tergantung pada platform situs web apa yang Anda gunakan.
[*]Jika Anda menggunakan salah satu mitra integrasi Facebook, seperti WordPress atau SquareSpace, pilih Gunakan Partner Integration. Ini akan memandu Anda melalui serangkaian langkah untuk menghubungkan pixel Facebook Anda tanpa pengkodean apa pun.
[*]Jika Anda bekerja dengan developer atau orang lain yang dapat membantu Anda mengedit kode situs web, klik Petunjuk Email untuk mengirimkan semua yang mereka butuhkan kepada developer untuk memasang pixel.
[*]Jika tidak satu pun dari opsi di atas berlaku, Anda perlu memasukkan kode pixel langsung ke halaman web Anda. Itulah yang akan kami pandu Anda di bagian ini.
1. Klik Instal kode secara manual.
2. Klik tombol hijau Copy Code Button.
Langkah 3: Siapkan acara Facebook pixel events
1. Klik tombol Open Event Setup Tool button
Pilih ID Pixel Facebook Anda, lalu klik Settings dan scroll ke bawah ke Buka Open Event Setup Too
2. Masukkan URL Anda dan klik Buka Situs Web.
3. Facebook akan memberikan daftar events yang disarankan. Klik review di samping setiap event, lalu pilih confirm atau close. Klik Finish Setup untuk melanjutkan.
Jika Anda terganggu dalam penyiapan piksel Anda, Anda selalu dapat kembali lagi nanti dengan membuka Pengelola Acara.
Langkah 4: Konfirmasikan bahwa Pixel Anda berfungsi dengan bantuan pixel Facebook
Sebelum Anda mulai mengandalkan data dari piksel Facebook Anda, Anda harus memastikan bahwa itu terlacak dengan benar.
1. Tambahkan ekstensi Facebook Pixel Helper ke browser Google Chrome Anda. (Ini hanya tersedia untuk Chrome, jadi jika Anda menggunakan browser lain, Anda perlu memasang Chrome untuk menggunakan Pixel Helper
2. Kunjungi halaman tempat Anda menginstal pixel Facebook. Munculan akan menunjukkan berapa banyak pixel yang ditemukannya di halaman. Akan muncul popup yang akan memberi tahu Anda apakah pixel Anda berfungsi dengan baik. Jika tidak, maka akan memberikan informasi kesalahan sehingga Anda dapat melakukan koreksi.
Langkah 5: Tambahkan pemberitahuan pixel Facebook ke situs web Anda
Untuk mematuhi persyaratan Facebook (dan, dalam beberapa kasus, undang-undang), Anda perlu memastikan pengunjung situs web Anda tahu bahwa Anda mengumpulkan data mereka.
Artinya, Anda perlu memberikan pemberitahuan yang jelas bahwa Anda menggunakan pixel Facebook dan informasinya mungkin dikumpulkan melalui cookie atau metode lain. Anda juga perlu memberi tahu pengguna bagaimana mereka dapat menyisih dari pengumpulan data mereka.
Untuk mendapatkan semua detailnya, buka Persyaratan Alat Bisnis Facebook dan scroll ke bawah ke poin 3: Ketentuan Khusus Mengenai Penggunaan Alat Bisnis Tertentu. Atau, lihat Sumber Daya Persetujuan Cookie Facebook.
Mengapa Anda harus memasang pixel Facebook?
Tingkatkan ROI pada pengeluaran iklan Facebook Anda
Data pixel Facebook membantu memastikan iklan Anda dilihat oleh orang-orang yang kemungkinan besar akan melakukan tindakan yang Anda inginkan. Ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan tingkat konversi iklan Facebook Anda dan mendapatkan ROI yang lebih baik.
Meskipun Anda belum menggunakan iklan Facebook atau Instagram, Anda harus memasang pixel Facebook sekarang. Ini akan segera mulai mengumpulkan data sehingga Anda tidak perlu memulai dari awal saat Anda siap untuk membuat iklan Facebook pertama Anda.
Gunakan pelacakan konversi Facebook
Pixel Facebook memungkinkan Anda melihat bagaimana orang berinteraksi dengan situs web Anda setelah melihat iklan Facebook Anda.
Anda bahkan dapat melacak pelanggan di seluruh perangkat mereka. Inilah mengapa saya melihat iklan keset kamar mandi di laptop saya, meskipun saya menambahkannya ke keranjang belanja di ponsel saya.
Ini memungkinkan Anda melihat apakah orang cenderung melihat iklan Anda di seluler tetapi beralih ke desktop sebelum membeli. Atau, mungkin sebaliknya. Informasi ini dapat membantu Anda menyempurnakan strategi iklan dan menghitung laba atas investasi Anda.
Fungsi pixel Facebook ini dipengaruhi oleh perubahan iOS 14.5, tetapi Facebook akan memastikan pengiklan masih mendapatkan beberapa data pelacakan konversi melalui Pengukuran Peristiwa Teragregasi.
Untuk memastikan Anda terus mendapatkan data pelacakan konversi terbaik, Anda perlu memverifikasi domain situs web Anda. Anda juga harus tetap menggunakan satu domain untuk pelacakan konversi, karena iOS 14.5 tidak akan mengizinkan pelacakan di beberapa domain.
Gunakan Facebook retargeting
Data pixel penargetan ulang Facebook dan iklan dinamis memungkinkan Anda menampilkan iklan bertarget kepada orang-orang yang pernah mengunjungi situs Anda. Anda dapat memilih untuk menjadi sangat terperinci di sini.
Misalnya, Anda dapat menampilkan iklan kepada orang-orang untuk produk yang sama persis dengan yang mereka tinggalkan di keranjang belanja atau ditambahkan ke daftar keinginan di situs web Anda - seperti yang terjadi dengan keset kamar mandi yang saya lihat sebelumnya
Penargetan ulang audiens akan menyusut karena lebih banyak orang memperbarui ke iOS 14.5. Tapi mereka tidak akan menghilang.
Buat lookalike audiences (audiens yang mirip)
Facebook dapat menggunakan data penargetannya untuk membantu Anda membangun audiens yang mirip dengan orang-orang yang memiliki suka, minat, dan demografi yang serupa dengan orang-orang yang sudah berinteraksi dengan situs web Anda. Ini dapat membantu memperluas basis pelanggan potensial Anda.
iOS 14.5 akan memengaruhi data masukan untuk pemirsa yang mirip, karena pemirsa yang dilacak yang menjadi dasar kesamaan akan menyusut. Namun, karena pengguna iOS adalah minoritas, fungsi serupa masih memiliki banyak informasi untuk dikerjakan. Anda mungkin tidak akan melihat perubahan besar pada fungsi di sini.
Optimalkan Nilai Iklan Facebook Anda
Saat Facebook mengumpulkan data tentang siapa yang membeli dari situs Anda dan berapa banyak yang mereka belanjakan, ini dapat membantu mengoptimalkan audiens iklan Anda berdasarkan nilainya. Artinya, ini akan secara otomatis menampilkan iklan Anda kepada orang-orang yang kemungkinan besar akan melakukan pembelian bernilai tinggi
Tingkatkan data pixel Facebook dengan API Konversi
Untuk membantu mengatasi efek kehilangan data dari perubahan iOS14.5, Facebook memperkenalkan API Konversi. Daripada mengandalkan cookie dan browser web dan seluler untuk data, API Konversi mengumpulkan informasi langsung dari server Anda.
Dengan menggabungkan API Konversi dengan piksel Facebook, Anda akan memiliki akses ke data yang lebih andal, bahkan saat piksel kehilangan informasi.
Jika Anda menggunakan salah satu mitra integrasi Facebook, seperti Shopify atau WooCommerce, Anda dapat mengaktifkan API Konversi tanpa menulis kode apa pun.
1. Dari Event Manager, klik Data Sources di kolom kiri, lalu klik Settings di menu atas.
2. Scroll ke bawah pada bagian Conversions API dan klik Choose a Partner
Pilih partner Anda dan ikuti langkah-langkahnya. Facebook juga menyediakan instruksi terperinci untuk menyiapkan integrasi API Konversi Shopify pixel Facebook.
Jika Anda tidak menggunakan salah satu Facebook’s integration partners, Anda harus membuat beberapa kode, dan Anda mungkin perlu bekerja sama dengan developer. Ikuti langkah-langkah mendetail Facebook untuk menerapkan API Konversi secara manual.
API Konversi dapat membantu mengisi data yang hilang dari pixek Facebook Anda. Misalnya, pada akhir tahun 2020, perusahaan tempat tidur Lull menemukan bahwa piksel mereka hilang sekitar 8% dari peristiwa pembelian.
Setelah menambahkan API Konversi, mereka dapat melacak hampir 100% peristiwa pembelian. Mereka juga melihat penurunan biaya per tindakan sebesar 12,9% pada klik satu hari, jendela atribusi tampilan satu hari.
Langkah 1: Buat Pixel Facebook
1. Dari Facebook Event Manager Anda, klik connect ke Sumber Data di menu sebelah kiri, lalu pilih Web. Klik Mulai untuk melanjutkan.
2. Pilih Facebook Pixel, lalu klik Connect.
Beri nama Pixel Anda, masukkan URL situs web Anda, dan klik (Continue) Lanjutkan.
Saat memilih nama piksel, perlu diingat bahwa dengan Event Manager, Anda hanya mendapatkan satu pixel untuk setiap akun iklan. Nama tersebut harus mewakili bisnis Anda, bukan kampanye tertentu.
Jika Anda ingin menggunakan lebih dari satu piksel per akun iklan, Anda dapat melakukannya menggunakan Facebook Business Manager.
Langkah 2: Tambahkan kode Pixel Facebook ke situs web Anda
Agar Pixel berfungsi mengumpulkan informasi di situs web Anda, Anda sekarang perlu menginstal beberapa kode pixel Facebook di halaman web Anda.
Ada beberapa cara untuk melakukan ini tergantung pada platform situs web apa yang Anda gunakan.
[*]Jika Anda menggunakan salah satu mitra integrasi Facebook, seperti WordPress atau SquareSpace, pilih Gunakan Partner Integration. Ini akan memandu Anda melalui serangkaian langkah untuk menghubungkan pixel Facebook Anda tanpa pengkodean apa pun.
[*]Jika Anda bekerja dengan developer atau orang lain yang dapat membantu Anda mengedit kode situs web, klik Petunjuk Email untuk mengirimkan semua yang mereka butuhkan kepada developer untuk memasang pixel.
[*]Jika tidak satu pun dari opsi di atas berlaku, Anda perlu memasukkan kode pixel langsung ke halaman web Anda. Itulah yang akan kami pandu Anda di bagian ini.
1. Klik Instal kode secara manual.
2. Klik tombol hijau Copy Code Button.
Langkah 3: Siapkan acara Facebook pixel events
1. Klik tombol Open Event Setup Tool button
Pilih ID Pixel Facebook Anda, lalu klik Settings dan scroll ke bawah ke Buka Open Event Setup Too
2. Masukkan URL Anda dan klik Buka Situs Web.
3. Facebook akan memberikan daftar events yang disarankan. Klik review di samping setiap event, lalu pilih confirm atau close. Klik Finish Setup untuk melanjutkan.
Jika Anda terganggu dalam penyiapan piksel Anda, Anda selalu dapat kembali lagi nanti dengan membuka Pengelola Acara.
Langkah 4: Konfirmasikan bahwa Pixel Anda berfungsi dengan bantuan pixel Facebook
Sebelum Anda mulai mengandalkan data dari piksel Facebook Anda, Anda harus memastikan bahwa itu terlacak dengan benar.
1. Tambahkan ekstensi Facebook Pixel Helper ke browser Google Chrome Anda. (Ini hanya tersedia untuk Chrome, jadi jika Anda menggunakan browser lain, Anda perlu memasang Chrome untuk menggunakan Pixel Helper
2. Kunjungi halaman tempat Anda menginstal pixel Facebook. Munculan akan menunjukkan berapa banyak pixel yang ditemukannya di halaman. Akan muncul popup yang akan memberi tahu Anda apakah pixel Anda berfungsi dengan baik. Jika tidak, maka akan memberikan informasi kesalahan sehingga Anda dapat melakukan koreksi.
Langkah 5: Tambahkan pemberitahuan pixel Facebook ke situs web Anda
Untuk mematuhi persyaratan Facebook (dan, dalam beberapa kasus, undang-undang), Anda perlu memastikan pengunjung situs web Anda tahu bahwa Anda mengumpulkan data mereka.
Artinya, Anda perlu memberikan pemberitahuan yang jelas bahwa Anda menggunakan pixel Facebook dan informasinya mungkin dikumpulkan melalui cookie atau metode lain. Anda juga perlu memberi tahu pengguna bagaimana mereka dapat menyisih dari pengumpulan data mereka.
Untuk mendapatkan semua detailnya, buka Persyaratan Alat Bisnis Facebook dan scroll ke bawah ke poin 3: Ketentuan Khusus Mengenai Penggunaan Alat Bisnis Tertentu. Atau, lihat Sumber Daya Persetujuan Cookie Facebook.
Mengapa Anda harus memasang pixel Facebook?
Tingkatkan ROI pada pengeluaran iklan Facebook Anda
Data pixel Facebook membantu memastikan iklan Anda dilihat oleh orang-orang yang kemungkinan besar akan melakukan tindakan yang Anda inginkan. Ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan tingkat konversi iklan Facebook Anda dan mendapatkan ROI yang lebih baik.
Meskipun Anda belum menggunakan iklan Facebook atau Instagram, Anda harus memasang pixel Facebook sekarang. Ini akan segera mulai mengumpulkan data sehingga Anda tidak perlu memulai dari awal saat Anda siap untuk membuat iklan Facebook pertama Anda.
Gunakan pelacakan konversi Facebook
Pixel Facebook memungkinkan Anda melihat bagaimana orang berinteraksi dengan situs web Anda setelah melihat iklan Facebook Anda.
Anda bahkan dapat melacak pelanggan di seluruh perangkat mereka. Inilah mengapa saya melihat iklan keset kamar mandi di laptop saya, meskipun saya menambahkannya ke keranjang belanja di ponsel saya.
Ini memungkinkan Anda melihat apakah orang cenderung melihat iklan Anda di seluler tetapi beralih ke desktop sebelum membeli. Atau, mungkin sebaliknya. Informasi ini dapat membantu Anda menyempurnakan strategi iklan dan menghitung laba atas investasi Anda.
Fungsi pixel Facebook ini dipengaruhi oleh perubahan iOS 14.5, tetapi Facebook akan memastikan pengiklan masih mendapatkan beberapa data pelacakan konversi melalui Pengukuran Peristiwa Teragregasi.
Untuk memastikan Anda terus mendapatkan data pelacakan konversi terbaik, Anda perlu memverifikasi domain situs web Anda. Anda juga harus tetap menggunakan satu domain untuk pelacakan konversi, karena iOS 14.5 tidak akan mengizinkan pelacakan di beberapa domain.
Gunakan Facebook retargeting
Data pixel penargetan ulang Facebook dan iklan dinamis memungkinkan Anda menampilkan iklan bertarget kepada orang-orang yang pernah mengunjungi situs Anda. Anda dapat memilih untuk menjadi sangat terperinci di sini.
Misalnya, Anda dapat menampilkan iklan kepada orang-orang untuk produk yang sama persis dengan yang mereka tinggalkan di keranjang belanja atau ditambahkan ke daftar keinginan di situs web Anda - seperti yang terjadi dengan keset kamar mandi yang saya lihat sebelumnya
Penargetan ulang audiens akan menyusut karena lebih banyak orang memperbarui ke iOS 14.5. Tapi mereka tidak akan menghilang.
Buat lookalike audiences (audiens yang mirip)
Facebook dapat menggunakan data penargetannya untuk membantu Anda membangun audiens yang mirip dengan orang-orang yang memiliki suka, minat, dan demografi yang serupa dengan orang-orang yang sudah berinteraksi dengan situs web Anda. Ini dapat membantu memperluas basis pelanggan potensial Anda.
iOS 14.5 akan memengaruhi data masukan untuk pemirsa yang mirip, karena pemirsa yang dilacak yang menjadi dasar kesamaan akan menyusut. Namun, karena pengguna iOS adalah minoritas, fungsi serupa masih memiliki banyak informasi untuk dikerjakan. Anda mungkin tidak akan melihat perubahan besar pada fungsi di sini.
Optimalkan Nilai Iklan Facebook Anda
Saat Facebook mengumpulkan data tentang siapa yang membeli dari situs Anda dan berapa banyak yang mereka belanjakan, ini dapat membantu mengoptimalkan audiens iklan Anda berdasarkan nilainya. Artinya, ini akan secara otomatis menampilkan iklan Anda kepada orang-orang yang kemungkinan besar akan melakukan pembelian bernilai tinggi
Tingkatkan data pixel Facebook dengan API Konversi
Untuk membantu mengatasi efek kehilangan data dari perubahan iOS14.5, Facebook memperkenalkan API Konversi. Daripada mengandalkan cookie dan browser web dan seluler untuk data, API Konversi mengumpulkan informasi langsung dari server Anda.
Dengan menggabungkan API Konversi dengan piksel Facebook, Anda akan memiliki akses ke data yang lebih andal, bahkan saat piksel kehilangan informasi.
Jika Anda menggunakan salah satu mitra integrasi Facebook, seperti Shopify atau WooCommerce, Anda dapat mengaktifkan API Konversi tanpa menulis kode apa pun.
1. Dari Event Manager, klik Data Sources di kolom kiri, lalu klik Settings di menu atas.
2. Scroll ke bawah pada bagian Conversions API dan klik Choose a Partner
Pilih partner Anda dan ikuti langkah-langkahnya. Facebook juga menyediakan instruksi terperinci untuk menyiapkan integrasi API Konversi Shopify pixel Facebook.
Jika Anda tidak menggunakan salah satu Facebook’s integration partners, Anda harus membuat beberapa kode, dan Anda mungkin perlu bekerja sama dengan developer. Ikuti langkah-langkah mendetail Facebook untuk menerapkan API Konversi secara manual.
API Konversi dapat membantu mengisi data yang hilang dari pixek Facebook Anda. Misalnya, pada akhir tahun 2020, perusahaan tempat tidur Lull menemukan bahwa piksel mereka hilang sekitar 8% dari peristiwa pembelian.
Setelah menambahkan API Konversi, mereka dapat melacak hampir 100% peristiwa pembelian. Mereka juga melihat penurunan biaya per tindakan sebesar 12,9% pada klik satu hari, jendela atribusi tampilan satu hari.