04-19-2021, 07:09 AM
Sebagai seorang webmaster atau sebagai seorang search engin specialist menjadi suatu keharusan untuk bisa menggunakan Google Search Console. Seperti yang kita ketahui Google Search Console sangat penting bagi website Anda yang di rancang khusus agar anda dapat membantu dan mengetahui masalah teknis website anda. Untuk itu ada lima bagian penting dalam Google Search Console yang wajib anda ketahui yang dapat menganalisis website anda sebelum anda menggunakan tools lain.
Fitur penting google search console
Berikut ini adalah 5 Fitur Penting Google Search Console Harus Anda Ketahui
1. URL Inspector
URL Inspector jawaban GSC pada Alat Google Webmaster lama “Fetch as Googlebot”.
URL Inspector memiliki fungsi yang sama dan memungkinkan Anda untuk mengirimkan URL Anda untuk pengindeksan dengan cepat.
Alat ini juga memungkinkan Anda membuat Google dapat menyusun ulang halaman sesuai permintaan Anda. Juga memungkinkan Anda untuk melihat halaman web apa pun seperti yang dilihat Google.
URL inspector cukup efektif untuk menemukan halaman yang bermasalah.
Misalnya, jika situs Anda diretas, dan digunakan untuk menampilkan informasi yang merupakan bagian dari situs web lain (suatu bentuk penyelubungan – jangan dikacaukan dengan iFrames), maka alat inspeksi URL akan memungkinkan Anda untuk melihat masalah indeksasi, masalah lain, dan banyak lagi.
2. Temukan Kesalahan URL 404
Dengan alat ini anda bisa menemukan kesalahan 404 yang dihasilkan di situs Anda.
Jenis kesalahan ini terjadi ketika Anda memiliki halaman yang menyajikan konten kosong.
Anda harus mengunjungi halaman itu sendiri untuk menemukan halaman spesifik yang disajikan dengan cara ini.
Selain itu, jika Anda mengalami masalah peringkat dan indeksasi, area cakupan akan memungkinkan Anda menemukan kesalahan lain seperti:
Halaman berlabel “noindex”.
Halaman dengan arahan ulang.
Halaman yang telah dirayapi tetapi saat ini tidak diindeks.
Anomali perayapan (yang mengharuskan Anda menggali lebih dalam untuk mencari tahu apa yang menyebabkan masalah perayapan). Dan masalah penting lainnya.
Jika Anda mengalami masalah peringkat dan indeksasi, bagian ini akan membantu Anda mendiagnosis area masalah di situs Anda dengan lebih baik yang disebabkan oleh kesalahan manajemen.
Selain itu, Anda juga bisa menemukan masalah yang lebih dalam ketika Anda membuka “Kesalahan”, “Berlaku dengan peringatan,” dan “Berlaku.”
Pastikan “Dikecualikan” dicentang.
Saat menggunakan data ini, selalu perhatikan halaman yang diindeks Anda.
Baca Juga : Apa itu Google Web Stories
Katakanlah Anda memiliki 1.343 halaman di situs Anda. Tetapi halaman yang diindeks membaca dua kali lipat dari angka itu.
Anda mungkin memiliki masalah dengan pengindeksan karena plugin pencarian situs yang Anda instal menghasilkan ratusan ribu URL dari satu pencarian.
Seperti yang dapat Anda bayangkan, ini bukan hal yang baik.
Ini dapat menyebabkan masalah duplikat konten serius yang juga dapat menyebabkan masalah peringkat serius.
3. Lakukan Analisis Kata Kunci Lebih Dalam pada Halaman Pemeringkatan
Tahukah Anda bahwa Anda dapat menggali lebih dalam dan menemukan informasi pada halaman khusus untuk kueri yang Anda peringkatkan?
Dan kemudian Anda dapat menyusun strategi perbaikan dan peningkatan kinerja berdasarkan kategori ini?
Katakanlah kami ingin mencari informasi pada halaman yang berisi kueri spesifik anda bisa mengklik kueri
Kueri akan menampilkan semua halaman yang peringkat untuk permintaan itu.
Jika tidak ada yang muncul, Anda mungkin tidak berada di peringkat.
Dan, Anda bahkan dapat beralih antara Halaman, Negara, Perangkat, dan Tampilan Pencarian.
Menyelam lebih dalam ke dalam pilihan ini akan membantu Anda mengungkap data dan menilai halaman di situs Anda yang ingin Anda tingkatkan dan mengapa.
Ini akan membantu Anda mengembangkan pengalaman pencarian yang sepenuhnya disesuaikan di situs Anda untuk pertanyaan dan halaman untuk pengguna Anda.
Ini adalah cara terbaik untuk menemukan data kata kunci yang menguntungkan Anda, karena membantu Anda membuat keputusan strategis untuk situs Anda yang akan paling efektif.
4. URL Removal
Kehati-hatian yang ekstrem harus diambil saat menggunakan alat ini.
Jika Anda ingin menghapus URL bermasalah yang tidak lagi bernilai, memiliki konten yang ketinggalan zaman, atau tidak ada cara Anda dapat benar-benar meningkatkannya dalam konteks upaya SEO Anda saat ini anda bisa menggunakan alat ini.
Singkatnya, jika Anda tidak yakin dengan apa yang Anda lakukan, yang terbaik adalah bertanya kepada profesional berpengalaman sebelum Anda mengacaukan peringkat Anda tanpa bisa diperbaiki.
Fitur penting google search console
Berikut ini adalah 5 Fitur Penting Google Search Console Harus Anda Ketahui
1. URL Inspector
URL Inspector jawaban GSC pada Alat Google Webmaster lama “Fetch as Googlebot”.
URL Inspector memiliki fungsi yang sama dan memungkinkan Anda untuk mengirimkan URL Anda untuk pengindeksan dengan cepat.
Alat ini juga memungkinkan Anda membuat Google dapat menyusun ulang halaman sesuai permintaan Anda. Juga memungkinkan Anda untuk melihat halaman web apa pun seperti yang dilihat Google.
URL inspector cukup efektif untuk menemukan halaman yang bermasalah.
Misalnya, jika situs Anda diretas, dan digunakan untuk menampilkan informasi yang merupakan bagian dari situs web lain (suatu bentuk penyelubungan – jangan dikacaukan dengan iFrames), maka alat inspeksi URL akan memungkinkan Anda untuk melihat masalah indeksasi, masalah lain, dan banyak lagi.
2. Temukan Kesalahan URL 404
Dengan alat ini anda bisa menemukan kesalahan 404 yang dihasilkan di situs Anda.
Jenis kesalahan ini terjadi ketika Anda memiliki halaman yang menyajikan konten kosong.
Anda harus mengunjungi halaman itu sendiri untuk menemukan halaman spesifik yang disajikan dengan cara ini.
Selain itu, jika Anda mengalami masalah peringkat dan indeksasi, area cakupan akan memungkinkan Anda menemukan kesalahan lain seperti:
Halaman berlabel “noindex”.
Halaman dengan arahan ulang.
Halaman yang telah dirayapi tetapi saat ini tidak diindeks.
Anomali perayapan (yang mengharuskan Anda menggali lebih dalam untuk mencari tahu apa yang menyebabkan masalah perayapan). Dan masalah penting lainnya.
Jika Anda mengalami masalah peringkat dan indeksasi, bagian ini akan membantu Anda mendiagnosis area masalah di situs Anda dengan lebih baik yang disebabkan oleh kesalahan manajemen.
Selain itu, Anda juga bisa menemukan masalah yang lebih dalam ketika Anda membuka “Kesalahan”, “Berlaku dengan peringatan,” dan “Berlaku.”
Pastikan “Dikecualikan” dicentang.
Saat menggunakan data ini, selalu perhatikan halaman yang diindeks Anda.
Baca Juga : Apa itu Google Web Stories
Katakanlah Anda memiliki 1.343 halaman di situs Anda. Tetapi halaman yang diindeks membaca dua kali lipat dari angka itu.
Anda mungkin memiliki masalah dengan pengindeksan karena plugin pencarian situs yang Anda instal menghasilkan ratusan ribu URL dari satu pencarian.
Seperti yang dapat Anda bayangkan, ini bukan hal yang baik.
Ini dapat menyebabkan masalah duplikat konten serius yang juga dapat menyebabkan masalah peringkat serius.
3. Lakukan Analisis Kata Kunci Lebih Dalam pada Halaman Pemeringkatan
Tahukah Anda bahwa Anda dapat menggali lebih dalam dan menemukan informasi pada halaman khusus untuk kueri yang Anda peringkatkan?
Dan kemudian Anda dapat menyusun strategi perbaikan dan peningkatan kinerja berdasarkan kategori ini?
Katakanlah kami ingin mencari informasi pada halaman yang berisi kueri spesifik anda bisa mengklik kueri
Kueri akan menampilkan semua halaman yang peringkat untuk permintaan itu.
Jika tidak ada yang muncul, Anda mungkin tidak berada di peringkat.
Dan, Anda bahkan dapat beralih antara Halaman, Negara, Perangkat, dan Tampilan Pencarian.
Menyelam lebih dalam ke dalam pilihan ini akan membantu Anda mengungkap data dan menilai halaman di situs Anda yang ingin Anda tingkatkan dan mengapa.
Ini akan membantu Anda mengembangkan pengalaman pencarian yang sepenuhnya disesuaikan di situs Anda untuk pertanyaan dan halaman untuk pengguna Anda.
Ini adalah cara terbaik untuk menemukan data kata kunci yang menguntungkan Anda, karena membantu Anda membuat keputusan strategis untuk situs Anda yang akan paling efektif.
4. URL Removal
Kehati-hatian yang ekstrem harus diambil saat menggunakan alat ini.
Jika Anda ingin menghapus URL bermasalah yang tidak lagi bernilai, memiliki konten yang ketinggalan zaman, atau tidak ada cara Anda dapat benar-benar meningkatkannya dalam konteks upaya SEO Anda saat ini anda bisa menggunakan alat ini.
Singkatnya, jika Anda tidak yakin dengan apa yang Anda lakukan, yang terbaik adalah bertanya kepada profesional berpengalaman sebelum Anda mengacaukan peringkat Anda tanpa bisa diperbaiki.