Rating Thread:
  • 1 Suara - 1 Rata-rata
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Cara Install dan Setup Yoast SEO di Wordpress
#1
Apakah Anda ingin menginstal dan mengatur plugin Yoast SEO dengan benar di WordPress?

Yoast SEO adalah salah satu plugin SEO WordPress terbaik di pasaran dan menawarkan serangkaian fitur lengkap untuk mengoptimalkan situs web Anda.

Namun, banyak pemula yang tidak terbiasa dengan istilah SEO dan merasa sulit untuk memutuskan opsi plugin mana yang harus mereka aktifkan.

Dalam panduan ini, kami akan memandu Anda melalui plugin Yoast SEO lengkap yang disiapkan di WordPress dan meningkatkan SEO situs Anda.

[Image: howtosetupyoastseo-og.png]

Fitur

Yoast SEO adalah plugin SEO WordPress terlengkap dengan banyak alat dan fitur bawaan. Berikut adalah ikhtisar singkat dari beberapa fitur tersebut.

    Ubah judul SEO posting dan deskripsi meta untuk setiap posting.
    Dukungan judul dan deskripsi meta untuk taksonomi (misalnya kategori dan tag).
    Pratinjau cuplikan hasil penelusuran Google.
    Fokus pengujian kata kunci.
    Konfigurasi Meta Robots:

    Tambahkan tag meta noodp, noydir dengan mudah.
    Halaman noindex, atau nofollow, taksonomi, atau seluruh arsip dengan mudah.
    Peningkatan dukungan kanonik, menambahkan kanonik ke arsip taksonomi, posting tunggal dan halaman dan halaman depan.
    Konfigurasi footer / header RSS.
    Permalink pembersihan, sementara masih mengizinkan Google Custom Search.
    Dukungan breadcrumbs, dengan judul breadcrumb yang dapat dikonfigurasi.
    Peta Situs XML dengan:

    Gambar-gambar
    Penghapusan jenis postingan dan taksonomi yang dapat dikonfigurasi
    Halaman atau posting yang telah noindexed tidak akan ditampilkan dalam peta situs XML (tetapi bisa jika Anda menginginkannya juga).
    Peta Situs Berita XML
    .htaccess dan editor robots.txt
    Kemampuan untuk memverifikasi Google Search Console, Yahoo Site Explorer, dan Bing Webmaster Tools
    Fungsionalitas impor dasar untuk Platinum SEO Pack dan plugin All in One SEO. (Anda juga dapat menggunakan Pengangkut Data SEO untuk mentransfer fungsionalitas dari tema seperti tema anak Genesis).

Versi premium dari Yoast SEO hadir dengan lebih banyak fitur.

    Manajer pengalihan yang memungkinkan Anda mengatur pengalihan dengan mudah.
    Kemampuan untuk menggunakan beberapa kata kunci fokus
    Saran penautan internal
    Kemampuan untuk mengekspor kata kunci fokus
    Video tutorial untuk membantu Anda memahami setiap fitur plugin.
    Dukungan premium disediakan oleh orang-orang di Yoast untuk membantu Anda memaksimalkan SEO situs Anda.

Untuk lebih banyak fitur dan detail, Anda mungkin ingin melihat perbandingan Yoast SEO vs All in One SEO Pack.

Cara Memasang Plugin Yoast SEO

Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Yoast SEO. Untuk lebih jelasnya, lihat panduan langkah demi langkah kami tentang cara memasang plugin WordPress.
Setelah aktivasi, Anda akan melihat item menu baru di bilah admin WordPress berlabel SEO dengan logo Yoast SEO di atasnya.

[Image: yoastseomenu.png]

Sekarang setelah Anda menginstal dan mengaktifkan plugin, mari kita lihat cara menyiapkan plugin yang hebat ini dengan benar.


Cara Mengatur Plugin SEO WordPress oleh Yoast

Anda harus ingat, bahwa pengaturan yang kami pilih adalah yang kami rekomendasikan. Pakar lain mungkin memiliki preferensi dan kebijaksanaannya sendiri, sehingga pengguna tingkat lanjut dapat mengabaikan apa pun yang tidak mereka sukai.

Jika Anda seorang pemula, dan Anda ingin menggunakan plugin Yoast's WordPress SEO seperti yang kami lakukan, ikuti langkah-langkahnya dengan cermat.

Langkah 1. Impor Data SEO Anda

Jika Anda menyiapkan Yoast SEO di situs web atau blog WordPress baru, Anda dapat melewati langkah ini.

Pengguna lain, yang menginstalnya di situs web yang sudah ada mungkin telah menggunakan beberapa plugin WordPress lain untuk SEO seperti All in One SEO untuk WordPress, atau kerangka tema seperti Genesis yang menangani data SEO Anda.

Jika Anda ingin berhasil menggunakan plugin ini, maka Anda perlu memastikan bahwa semua data Anda sebelumnya telah dipindahkan ke plugin ini sebelum Anda menonaktifkan yang lain.
Untuk mencapai ini, kami merekomendasikan menggunakan plugin SEO Data Transporter. Ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengangkut data SEO Anda di antara plugin SEO populer.

Langkah 2. Pengaturan Umum

Mengklik ikon SEO membawa Anda ke halaman pengaturan untuk plugin. Beralih ke tab 'Umum' dan Anda akan melihat tombol untuk membuka wizard konfigurasi. Kami ingin Anda mengabaikan wizard ini, karena kami akan memandu Anda selangkah demi selangkah melalui setiap opsi.

[Image: close-wizard.png]

Langkah 3. Fitur

Yoast SEO hadir dengan banyak fitur. Halaman ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengaktifkan dan menonaktifkan fitur tersebut. Secara default, semua opsi di halaman ini diaktifkan.

[Image: yoastseofeatures.png]

Kami akan membahas beberapa di antaranya nanti di artikel ini. Untuk saat ini, mari kita lihat sekilas setiap item dan apa fungsinya.

    Analisis SEO: Menampilkan skor dan analisis SEO untuk konten Anda.
    Analisis keterbacaan: Menampilkan analisis keterbacaan dan skor untuk konten Anda.
    Konten batu penjuru: Fitur ini memungkinkan Anda menandai dan memfilter konten batu penjuru. Ini adalah artikel pilar terpenting Anda.
    Penghitung tautan teks: Fitur ini menunjukkan jumlah tautan teks internal ke dan dari dan artikel.
    Peta situs XML: Membuat peta situs XML untuk situs web Anda.
    Menu bilah Admin: Menampilkan menu Yoast SEO di bilah alat admin WordPress.
    Keamanan: tidak ada pengaturan lanjutan untuk penulis: Menyembunyikan pengaturan SEO lanjutan dari penulis untuk meningkatkan keamanan.
    Penyambungan penggunaan: Mengizinkan pembuat plugin untuk melacak beberapa data penggunaan. Ini dimatikan secara default.
    REST API: Head endpoint: Titik akhir REST API Yoast SEO ini memungkinkan Anda atau orang lain untuk mengambil data SEO untuk posting atau halaman WordPress tertentu. Kami menyarankan Anda untuk mematikan fitur ini jika Anda tidak membangun situs WordPress tanpa kepala.
    Berbagi Slack yang Disempurnakan: Fitur ini menambahkan byline penulis dan perkiraan waktu membaca ke cuplikan artikel saat dibagikan di Slack.

Jangan lupa untuk mengklik tombol Simpan perubahan untuk menyimpan pengaturan Anda.

Langkah 4. Integrasi

Yoast SEO menawarkan integrasi bawaan untuk platform SEMRush dan Ryte.

[Image: yoastseo-integrations.png]

SEMRush adalah salah satu alat SEO terbaik di pasaran. Integrasi ini membantu Anda menemukan kata kunci terkait yang cocok dengan kata kunci fokus Anda dan kemudian meningkatkan konten Anda.


Ryte adalah alat online yang memeriksa situs web Anda untuk dapat diindeks dan memberi tahu Anda dalam laporan Kesehatan Situs jika tidak dapat diindeks oleh mesin telusur.

Sebaiknya biarkan keduanya aktif.

Langkah 5. Webmaster Tools

Mesin telusur populer memungkinkan pemilik situs menambahkan situs mereka menggunakan area alat webmaster. Lihat panduan Google Search Console lengkap kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang alat ini.

Yoast SEO mempermudah verifikasi situs web Anda dengan semua mesin telusur teratas. Untuk melakukannya, Anda perlu mendaftar ke program alat webmaster untuk setiap mesin telusur.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk menambahkan tag meta untuk memverifikasi kepemilikan situs web Anda. Cukup tambahkan kode meta yang Anda terima dari mesin pencari di bidang masing-masing.

[Image: webmaster-tools.png]

Langkah 6. Search Appearance


Tampilan Pencarian di pengaturan Yoast SEO mengontrol bagaimana situs web Anda muncul di hasil pencarian. Ini mencakup beberapa opsi untuk beranda, artikel tunggal, arsip, dan taksonomi Anda.

Kami akan memandu Anda melalui masing-masing. Mari kita mulai dengan pengaturan umum terlebih dahulu,

1. General

Di sini Anda dapat memilih simbol yang ingin Anda gunakan sebagai pemisah antar judul. Opsi default adalah tanda hubung, Anda dapat menggunakannya jika Anda tidak yakin simbol mana yang harus dipilih.

[Image: searchappearance-general-separator.png]
On this page, you can also choose the SEO title and meta description for your website’s homepage.
[Image: searchappearance-general-homepagetitledescription.png]

Catatan: Jika Anda menggunakan halaman beranda statis, Anda dapat mengatur judul dan deskripsi beranda dengan mengedit halaman satu per satu.

Setelah itu, Anda akan menemukan grafik pengetahuan dan opsi skema untuk situs web Anda. Anda dapat memilih apakah situs web Anda mewakili organisasi atau individu.

[Image: searchappearance-general-knowledgegraph.png]

Anda juga dapat mengunggah gambar profil untuk individu atau logo situs web untuk bisnis.


2. Jenis Konten (Content Types)

Anda dapat memilih judul dan deskripsi SEO untuk setiap posting atau halaman yang Anda tulis. Yoast SEO juga memungkinkan Anda mengatur templat otomatis untuk digunakan bagi mereka.
Jika Anda lupa menambahkannya secara manual, opsi ini akan memungkinkan Yoast SEO menggunakan pengaturan default untuk secara otomatis mengisi opsi tersebut.

[Image: searchappearance-contenttypes.png]

Anda akan dapat mengatur tampilan pencarian dan apakah akan menampilkan kotak meta SEO untuk setiap jenis konten atau tidak. Opsi default akan berfungsi untuk semua situs web.


Setelah itu, Anda dapat mengatur template judul SEO dan deskripsi meta default.

Namun, kami menyarankan Anda hanya mengubah judul SEO dan membiarkan bidang deskripsi meta kosong. Ini akan memungkinkan Yoast SEO menghasilkan deskripsi secara dinamis dari beberapa baris pertama artikel Anda.

3. Media

Secara default, WordPress membuat halaman baru untuk setiap gambar atau media yang Anda lampirkan ke posting dan halaman Anda. Halaman ini hanya menampilkan media lampiran.

Halaman lampiran tersebut tidak memiliki teks yang signifikan untuk memberikan mesin pencari konteks. Halaman seperti itu dianggap konten berkualitas rendah oleh mesin pencari dan memiliki dampak SEO negatif.

Yoast SEO membantu Anda memperbaikinya dengan mengarahkan pengguna ke file lampiran, bukan ke halaman lampiran. Opsi ini disetel ke 'Ya' secara default dan Anda tidak perlu mengubahnya.

[Image: searchappearance-media.png]

4. Taxonomies


Pada tab taksonomi, Anda dapat mengonfigurasi judul dan meta untuk kategori, tag, taksonomi khusus, dan arsip format posting.

Variabel template default seharusnya berfungsi untuk sebagian besar situs. Untuk deskripsi, harap diingat bahwa Yoast SEO mengambil deskripsi dari kategori dan tag Anda.

[Image: searchappearance-taxonomies.png]

5. Arsip (Archives)

Tab Arsip memungkinkan Anda untuk mengontrol opsi tampilan pencarian untuk halaman arsip lain-lain di situs web Anda. Ini termasuk penulis, tanggal, pencarian, dan 404 halaman.
Opsi default akan berfungsi untuk sebagian besar situs web. Namun, jika Anda menjalankan blog penulis tunggal, Anda perlu menonaktifkan halaman arsip penulis dari mesin pencari.

[Image: searchappearance-archives.png]

Pada blog penulis tunggal, halaman arsip penulis persis seperti arsip tanggal atau halaman blog Anda. Ini menciptakan konten duplikat yang memengaruhi peringkat SEO Anda.

6. Breadcrumbs

Breadcrumb sangat bagus untuk penautan internal karena menentukan jalur atau jejak yang jelas ke halaman tempat Anda berada. Breadcrumbs ini juga muncul di hasil pencarian, memberikan situs Anda keuntungan ekstra dalam pencarian.

[Image: breadcrumbs-searchresults.png]

Pengaturan default seharusnya berfungsi untuk sebagian besar situs web, tetapi jika Anda ingin mengubah sesuatu, lanjutkan dan buat perubahan Anda.

[Image: searchappearance-breadcrumbs.png]

Pastikan Anda menyetel opsi ke 'Diaktifkan' untuk membuatnya terlihat dengan tema WordPress Anda.
Jika Anda menginginkan fitur breadcrumb yang lebih kuat, lihat plugin Breadcrumb NavXT

7. RSS

Umpan RSS sering kali digunakan oleh pengikis konten untuk menyalin konten dari situs web Anda. Yoast SEO memungkinkan Anda menambahkan tautan balik ke situs Anda sendiri untuk setiap posting di umpan RSS Anda.

[Image: searchappearance-rss.png]

Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan tautan balik dari situs mereka, dan Google akan tahu bahwa Anda adalah sumber aslinya.

Ada pilihan untuk menambahkan link penulis Anda, link posting, link blog, dan deskripsi blog. Jadi jadilah kreatif. Ini juga dapat digunakan untuk menambahkan iklan ke umpan RSS Anda.

Langkah 7. Social

Seperti yang kami katakan sebelumnya, Yoast SEO adalah pembangkit tenaga listrik yang dikemas dengan banyak fitur untuk memberikan pengoptimalan yang komprehensif.

Salah satu fitur hebat dari plugin ini adalah ia mengintegrasikan situs Anda dengan Facebook, Twitter, Pinterest, dan platform lainnya.

Mengklik tautan Sosial di bawah menu SEO akan membawa Anda untuk menyiapkan platform ini. Kami akan menunjukkan kepada Anda cara mengonfigurasinya masing-masing.

1. Accounts

Tab pertama di bawah pengaturan sosial adalah untuk semua akun sosial Anda. Ini memungkinkan Yoast SEO memberi tahu Google tentang profil sosial Anda. Anda hanya perlu menambahkan URL dan nama pengguna Twitter untuk profil sosial utama situs Anda.

[Image: social-accounts.png]

2. Facebook
Anda perlu memastikan bahwa opsi metadata grafik terbuka diaktifkan di bawah tab Facebook. Ini memungkinkan Yoast SEO menambahkan metadata grafik terbuka Facebook di bagian <head & gt situs web Anda.

[Image: social-facebook.png]

Anda dapat mengatur gambar yang ingin Anda gunakan untuk beranda Anda.

Ini akan membantu Facebook mengambil thumbnail yang tepat dan informasi halaman saat kiriman dari situs web Anda dibagikan di Facebook.

Di bawahnya, Anda dapat menambahkan judul dan deskripsi untuk beranda Anda. Judul dan deskripsi ini akan digunakan saat beranda Anda dibagikan di Facebook.

Selain itu, Anda dapat memberikan URL gambar thumbnail default. Gambar ini akan digunakan untuk semua artikel yang tidak memiliki thumbnail atau gambar lainnya.

[Image: social-facebook-defaultimage.png]

3. Twitter

Sedangkan untuk Twitter, Anda dapat menambahkan kartu Twitter ke bagian kepala situs Anda.

Anda juga dapat memilih jenis kartu yang akan digunakan. Sebaiknya gunakan ringkasan dengan gambar besar.

[Image: social-twitter.png]
4. Pinterest

Pinterest menggunakan meta data Open Graph seperti Facebook. Pastikan Anda telah membuka kotak meta data grafik di bawah pengaturan Facebook.

Setelah itu, Anda hanya perlu memasukkan kode verifikasi situs yang disediakan oleh Pinterest. Cukup kunjungi pengaturan akun Pinterest Anda untuk menambahkan dan memverifikasi situs Anda. Anda akan diberikan tag meta yang harus Anda masukkan di sini.

[Image: social-pinterest.png]

Langkah 8. Tools

Yoast SEO hadir dengan beberapa alat bawaan yang memungkinkan Anda melakukan beberapa tugas tingkat lanjut. Kebanyakan pemula mungkin tidak perlu menggunakan alat ini. Namun, kami akan menunjukkan kepada Anda setiap alat dan fungsinya.

[Image: tools-yoastseo.png]

1. Import and Export

Jika sebelumnya Anda menggunakan plugin SEO WordPress atau tema dengan fungsi SEO bawaan, Anda dapat menggunakan alat ini untuk mengimpor data SEO.

[Image: tools-importexport.png]

Anda juga dapat menggunakannya untuk mengimpor dan mengekspor pengaturan plugin Yoast SEO dan menggunakannya di situs WordPress yang berbeda.

2. Editor file

Saat situs WordPress Anda berkembang, Anda mungkin sering menemukan tutorial yang meminta Anda untuk menambahkan beberapa kode ke file .htaccess atau file robots.txt situs web Anda.
Keduanya adalah file konfigurasi dan berdampak besar pada SEO situs Anda. Yoast SEO memungkinkan Anda mengedit kedua file dengan mudah langsung dari area admin WordPress.

[Image: tools-fileeditor.png]

3. Bulk Editor

Alat editor massal di Yoast SEO memungkinkan Anda dengan cepat menambahkan judul dan deskripsi SEO untuk semua posting dan halaman blog Anda.

Di bawah tab Judul, Anda akan menemukan bidang kosong untuk menambahkan judul SEO baru Anda untuk posting blog itu. Setelah itu klik tautan Simpan untuk menyimpan perubahan Anda.

[Image: tools-bulkedit.png]

Untuk menambahkan deskripsi, Anda perlu beralih ke tab deskripsi. Sekali lagi, Anda dapat menambahkan deskripsi untuk setiap posting atau halaman blog dan menyimpannya.

[Image: tools-bulkedit-description.png]

Langkah 9. Manajer Pengalihan / Redirect Manager (Premium)

Yoast SEO Premium menambahkan manajer pengalihan yang kuat. Ini memungkinkan Anda dengan cepat mengatur pengalihan di situs WordPress Anda.

Dengan menggunakan pengelola pengalihan, Anda dapat dengan cepat memperbaiki kesalahan 404, mengalihkan pengguna dari artikel lama ke artikel baru, dan banyak lagi.

[Image: yoastpremium-redirects.png]

Catatan: Pengalihan memainkan peran penting dalam SEO situs web Anda. Kami merekomendasikan untuk tidak mengikatnya dengan plugin SEO Anda.

Sebaliknya, Anda harus menggunakan pengelola pengalihan khusus seperti Pengalihan untuk mengelola pengalihan Anda. Ini memungkinkan Anda untuk tetap menjalankan pengalihan meskipun Anda berhenti menggunakan Yoast SEO.

Untuk informasi lebih lanjut, lihat panduan kami tentang cara mengatur pengalihan di WordPress.

Langkah 10. Mengoptimalkan Posting dan Halaman Anda dengan Yoast SEO

Menginstal dan menyiapkan plugin ini saja tidak cukup. Agar Anda benar-benar memaksimalkan manfaat plugin ini, Anda perlu menyesuaikan pengaturan per posting.
Mari kita lihat bagaimana Anda dapat memaksimalkan manfaat dengan mengoptimalkan setiap postingan / halaman di WordPress.
Cukup edit posting atau halaman mana saja dan Anda akan melihat metabox Yoast SEO baru di bawah editor posting.

[Image: yoastseo-metabox.png]

Anda dapat memulai dengan menambahkan frasa kunci fokus atau kata kunci. Ini adalah kata kunci utama, yang menurut Anda akan dimasukkan pengguna di mesin pencari untuk menemukan posting ini.

Setelah itu, Yoast SEO akan memeriksa konten posting Anda untuk analisis SEO dan Keterbacaan. Anda dapat melihat analisis untuk lebih meningkatkan artikel Anda.

Terkadang judul posting Anda dan judul SEO Anda mungkin tidak sama. Setiap kali, Anda harus menulis deskripsi SEO khusus karena generator kutipan hanya mengambil paragraf pertama yang mungkin bukan yang paling penting.

Tips Pro: Laporan analisis SEO dan keterbacaan di Yoast SEO cukup akurat dan sangat membantu dalam meningkatkan konten Anda. Namun, jangan bunuh diri karena itu atau Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu mengikuti analisis daripada membuat konten yang lebih baik untuk pengguna Anda.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengoptimalan pada halaman, lihat artikel kami tentang cara mengoptimalkan posting blog untuk SEO.

Langkah 11. Mengoptimalkan Taksonomi untuk SEO (Kategori dan Tag)

Sama seperti posting dan halaman Anda, Anda juga dapat mengganti judul SEO dan deskripsi meta untuk kategori, tag, dan halaman arsip penulis.
Cukup kunjungi halaman Postingan »Kategori dan klik link edit di bawah kategori mana pun. Pada halaman edit kategori, gulir ke bawah ke bawah dan Anda akan melihat kotak meta Yoast SEO.

[Image: yoastseo-taxonomyseo.png]

Anda dapat melakukannya untuk semua kategori, tag, dan arsip taksonomi khusus Anda.

Langkah 12. Mengoptimalkan Produk Ecommerce

Yoast SEO hadir dengan dukungan penuh untuk toko online dan situs web eCommerce menggunakan WooCommerce. Ini memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan halaman produk Anda seperti Anda akan mengoptimalkan posting dan halaman blog.

Anda akan menemukan semua opsi SEO eCommerce saat menambahkan produk baru ke situs web Anda. Anda juga dapat mengedit produk lama dan mengoptimalkannya dengan memasukkan kata kunci fokus, judul SEO, deskripsi SEO, dan lainnya,

[Image: yoast-wooproductseo.png]
Reply


Forum Jump:


Pengguna yang menjelajahi thread ini: 1 Tamu