04-19-2021, 07:40 AM
Apa itu Meta description yang baik adalah suatu bentuk seni, dan juga sering diabaikan oleh penulis website ataupun seo copywriting
Meta Description adalah deskripsi, atau kutipan dari, halaman web yang muncul ketika halaman itu tercantum dalam hasil pencarian. Biasanya berupa beberapa kalimat panjang, dan memberi tahu setiap pencari apa yang perlu mereka ketahui tentang apa isi halaman dan seberapa relevan itu mungkin dengan permintaan mereka.
Dengan kata lain, hal ini adalah sebagian besar alasan mengapa pengguna mungkin memutuskan untuk mengklik atau tidak mengklik pada halaman Anda dalam pencarian, dan itu menjadi titik kontak pertama yang mereka miliki dengan merek Anda.
Jadi, bagaimana cara menulis meta description atau deskripsi meta yang baik untuk halaman web Anda yang akan menarik pengguna untuk mengklik? Di artikel ini, saya akan menjelaskan apa itu meta description yang baik dan mengapa Anda harus memilikinya.
Cara Menulis Meta Description yang Bagus
Hal utama yang perlu diingat tentang meta description adalah bahwa meta description di Google memiliki 156 karakter, tetapi itu tidak tepat, dan panjang meta description yang ditampilkan juga tergantung pada perangkat, dengan meta description secara alami lebih pendek di ponsel.
Cara menulis meta description yang baik
Jadi, jika Anda hanya mengingat desktop saat menulis deskripsi meta, kemungkinan besar Anda akan kalah di ponsel, yang bertanggung jawab untuk lebih banyak permintaan pencarian daripada desktop di banyak wilayah di seluruh dunia.
Baca Juga : Apa itu DWELL time, Bagaimana cara meningkatkan DWELL Time
Namun, itu tidak berarti jawabannya adalah menulis deskripsi meta yang sangat singkat, karena dengan begitu Anda akan memberi pencari sangat sedikit untuk melanjutkan mengapa halaman Anda memenuhi permintaan pencarian mereka.
Mesin pencari seperti Google juga dapat memutuskan bahwa deskripsi meta Anda tidak cocok untuk permintaan pencarian pengguna dan akan menghasilkan sendiri, sebagai gantinya (lebih lanjut tentang itu nanti) dan karenanya Anda akan kehilangan kesempatan untuk menjual merek Anda di ruang ini.
Batas panjang yang lebih rendah yang direkomendasikan untuk deskripsi meta adalah 50 karakter, jadi Anda harus membidik antara 50 dan 156 karakter.
Ada beberapa elemen kunci untuk memastikan untuk bisa tampil:
Istilah Pencarian. Kata kunci dalam meta description Anda yang cocok dengan kueri pengguna akan disorot dalam huruf tebal, untuk pencari agar dapat melihat halaman hasil (yang tidak semuanya, karena beberapa pengguna internet akan menggunakan screenreader) akan menarik perhatian dan membuat Anda menonjol di mesin pencarian.
Pesan merek / strapline. Ini adalah pembeda penting di pasar yang ramai. Singkatnya, mengapa seorang pencari harus mengklik halaman web Anda (atau situs web) dan bukan salah satu dari pesaing Anda? Jujurlah tentang apa yang menjual Anda.
Pesan pemasaran yang meyakinkan. Jika pesan merek / telepon Anda menjawab pertanyaan “Mengapa kami?”, Ini menjawab pertanyaan “Mengapa sekarang?”
Apa kebutuhan pencari yang dapat dipenuhi halaman web Anda, dan bagaimana?
Poin penjualan unik (USP) / nilai tambah / diskon / penawaran. Ini mungkin seperti “Mendaftar hari ini dan dapatkan diskon 50%!” atau “Cobalah sekarang selama 7 hari!” Atau, Anda dapat mengganti ajakan bertindak yang lebih umum, seperti “Bergabunglah dengan komunitas penggemar memancing online!”
Nada merek. Yang satu ini dapat bergantung pada jenis nada mapan yang dimiliki merek Anda dan seberapa baik Anda dapat menyampaikannya dalam waktu kurang dari 160 karakter, tetapi seperti semua copywriting, meta description yang baik dapat memberi kesan kepribadian merek Anda.
Jadikan unik. Meta description harus unik untuk setiap laman web, jadi pastikan Anda tidak menggunakan deskripsi yang sama untuk laman lain di situs Anda.
Setiap peningkatan pada meta description dapat diukur (jika diukur secara terpisah) sebagai peningkatan rasio klik-tayang . Perhatikan bahwa tidak akan ada perubahan dalam peringkat pencarian Anda – Google dikonfirmasi pada tahun 2009 bahwa deskripsi meta bukan merupakan faktor peringkat SEO, tetapi mereka memengaruhi apakah pencari akan mengklik ke halaman Anda – yang merupakan bagian lain dari pertempuran.
Apa yang terjadi jika saya tidak menulis meta description? Mengapa ini penting?
Jika tidak ada deskripsi meta yang ditetapkan untuk suatu halaman, mesin pencari seperti Google atau Bing biasanya akan menghasil meta description tidak selalu ditampilkan di bawah hasil pencarian jika Google, Bing, atau siapa pun yang memutuskan bahwa beberapa konten pada halaman akan lebih cocok. Ini bukan sesuatu yang dapat Anda kontrol (sehingga Anda tidak bisa memaksa Google atau Bing untuk menampilkan deskripsi meta Anda sebagai lawan dari milik mereka).
Namun, semakin baik meta description Anda dan semakin cocok untuk jenis kueri yang mungkin mengarahkan seorang pencari ke halaman itu, semakin besar kemungkinan teks Anda akan ditampilkan. Dan jika Anda tidak memiliki set deskripsi meta, kadang-kadang teks yang benar-benar tidak sesuai dapat ditarik – seperti pop-up persetujuan cookie.
Jadi, itulah teori tentang bagaimana menulis deskripsi meta yang bagus – tetapi seperti apa praktiknya? Berikut adalah 33 contoh deskripsi meta yang ditulis dengan baik dari berbagai merek dan perusahaan, dengan beberapa analisis mengapa mereka efektif.
Meta Description adalah deskripsi, atau kutipan dari, halaman web yang muncul ketika halaman itu tercantum dalam hasil pencarian. Biasanya berupa beberapa kalimat panjang, dan memberi tahu setiap pencari apa yang perlu mereka ketahui tentang apa isi halaman dan seberapa relevan itu mungkin dengan permintaan mereka.
Dengan kata lain, hal ini adalah sebagian besar alasan mengapa pengguna mungkin memutuskan untuk mengklik atau tidak mengklik pada halaman Anda dalam pencarian, dan itu menjadi titik kontak pertama yang mereka miliki dengan merek Anda.
Jadi, bagaimana cara menulis meta description atau deskripsi meta yang baik untuk halaman web Anda yang akan menarik pengguna untuk mengklik? Di artikel ini, saya akan menjelaskan apa itu meta description yang baik dan mengapa Anda harus memilikinya.
Cara Menulis Meta Description yang Bagus
Hal utama yang perlu diingat tentang meta description adalah bahwa meta description di Google memiliki 156 karakter, tetapi itu tidak tepat, dan panjang meta description yang ditampilkan juga tergantung pada perangkat, dengan meta description secara alami lebih pendek di ponsel.
Cara menulis meta description yang baik
Jadi, jika Anda hanya mengingat desktop saat menulis deskripsi meta, kemungkinan besar Anda akan kalah di ponsel, yang bertanggung jawab untuk lebih banyak permintaan pencarian daripada desktop di banyak wilayah di seluruh dunia.
Baca Juga : Apa itu DWELL time, Bagaimana cara meningkatkan DWELL Time
Namun, itu tidak berarti jawabannya adalah menulis deskripsi meta yang sangat singkat, karena dengan begitu Anda akan memberi pencari sangat sedikit untuk melanjutkan mengapa halaman Anda memenuhi permintaan pencarian mereka.
Mesin pencari seperti Google juga dapat memutuskan bahwa deskripsi meta Anda tidak cocok untuk permintaan pencarian pengguna dan akan menghasilkan sendiri, sebagai gantinya (lebih lanjut tentang itu nanti) dan karenanya Anda akan kehilangan kesempatan untuk menjual merek Anda di ruang ini.
Batas panjang yang lebih rendah yang direkomendasikan untuk deskripsi meta adalah 50 karakter, jadi Anda harus membidik antara 50 dan 156 karakter.
Ada beberapa elemen kunci untuk memastikan untuk bisa tampil:
Istilah Pencarian. Kata kunci dalam meta description Anda yang cocok dengan kueri pengguna akan disorot dalam huruf tebal, untuk pencari agar dapat melihat halaman hasil (yang tidak semuanya, karena beberapa pengguna internet akan menggunakan screenreader) akan menarik perhatian dan membuat Anda menonjol di mesin pencarian.
Pesan merek / strapline. Ini adalah pembeda penting di pasar yang ramai. Singkatnya, mengapa seorang pencari harus mengklik halaman web Anda (atau situs web) dan bukan salah satu dari pesaing Anda? Jujurlah tentang apa yang menjual Anda.
Pesan pemasaran yang meyakinkan. Jika pesan merek / telepon Anda menjawab pertanyaan “Mengapa kami?”, Ini menjawab pertanyaan “Mengapa sekarang?”
Apa kebutuhan pencari yang dapat dipenuhi halaman web Anda, dan bagaimana?
Poin penjualan unik (USP) / nilai tambah / diskon / penawaran. Ini mungkin seperti “Mendaftar hari ini dan dapatkan diskon 50%!” atau “Cobalah sekarang selama 7 hari!” Atau, Anda dapat mengganti ajakan bertindak yang lebih umum, seperti “Bergabunglah dengan komunitas penggemar memancing online!”
Nada merek. Yang satu ini dapat bergantung pada jenis nada mapan yang dimiliki merek Anda dan seberapa baik Anda dapat menyampaikannya dalam waktu kurang dari 160 karakter, tetapi seperti semua copywriting, meta description yang baik dapat memberi kesan kepribadian merek Anda.
Jadikan unik. Meta description harus unik untuk setiap laman web, jadi pastikan Anda tidak menggunakan deskripsi yang sama untuk laman lain di situs Anda.
Setiap peningkatan pada meta description dapat diukur (jika diukur secara terpisah) sebagai peningkatan rasio klik-tayang . Perhatikan bahwa tidak akan ada perubahan dalam peringkat pencarian Anda – Google dikonfirmasi pada tahun 2009 bahwa deskripsi meta bukan merupakan faktor peringkat SEO, tetapi mereka memengaruhi apakah pencari akan mengklik ke halaman Anda – yang merupakan bagian lain dari pertempuran.
Apa yang terjadi jika saya tidak menulis meta description? Mengapa ini penting?
Jika tidak ada deskripsi meta yang ditetapkan untuk suatu halaman, mesin pencari seperti Google atau Bing biasanya akan menghasil meta description tidak selalu ditampilkan di bawah hasil pencarian jika Google, Bing, atau siapa pun yang memutuskan bahwa beberapa konten pada halaman akan lebih cocok. Ini bukan sesuatu yang dapat Anda kontrol (sehingga Anda tidak bisa memaksa Google atau Bing untuk menampilkan deskripsi meta Anda sebagai lawan dari milik mereka).
Namun, semakin baik meta description Anda dan semakin cocok untuk jenis kueri yang mungkin mengarahkan seorang pencari ke halaman itu, semakin besar kemungkinan teks Anda akan ditampilkan. Dan jika Anda tidak memiliki set deskripsi meta, kadang-kadang teks yang benar-benar tidak sesuai dapat ditarik – seperti pop-up persetujuan cookie.
Jadi, itulah teori tentang bagaimana menulis deskripsi meta yang bagus – tetapi seperti apa praktiknya? Berikut adalah 33 contoh deskripsi meta yang ditulis dengan baik dari berbagai merek dan perusahaan, dengan beberapa analisis mengapa mereka efektif.