04-20-2021, 11:21 AM
Apa itu Growth Hacking, Growth Hacking adalah istilah umum dalam strategi yang berfokus pada pertumbuhan. Biasanya digunakan dalam kaitannya dengan perusahaan startup pada tahap awal yang membutuhkan pertumbuhan besar dalam waktu singkat dengan anggaran yang kecil.
Tujuan dari strategi Growth Hacking pada umumnya untuk memperoleh sebanyak mungkin pengguna atau pelanggan. Istilah “Growth Hacking” diciptakan oleh Sean Ellis, seorang pendiri dan CEO GrowthHackers, pada 2010.
Apa itu Growth Hacker?
Growth Hacker adalah seseorang yang menggunakan strategi kreatif berbiaya rendah untuk membantu bisnis memperoleh dan mempertahankan pelanggan. Kadang-kadang Growth Hacker juga disebut Growth Marketer, tetapi Growth Hacker bukan hanya pemasar. Siapa saja yang terlibat dalam suatu produk atau layanan, termasuk manajer dan insinyur produk, dapat menjadi peretas pertumbuhan.
Peretas pertumbuhan cenderung obsesif, ingin tahu, dan analitis:
Growth Hacker fokus hanya pada strategi yang terkait dengan pertumbuhan bisnis.
Mereka berhipotesis, memprioritaskan dan menguji strategi pertumbuhan yang inovatif.
Mereka menganalisis dan menguji untuk melihat apa yang berfungsi.
Peretas pertumbuhan ideal tahu bagaimana mengatur prioritas pertumbuhan, mengidentifikasi saluran untuk akuisisi pelanggan, mengukur keberhasilan, dan skala pertumbuhan.
Baca Juga : 7 Cara Membuat ata Menulis Konten Marketing yang Menarik Audiens dan Engagement
Cara Kerja Growth Hacking
Jadi, bagaimana cara kerja peretasan pertumbuhan? Untuk setiap perusahaan, ini tentang mencari tahu mengapa Anda tumbuh, dan mencari cara untuk mewujudkannya dengan sengaja.
Banyak perusahaan pemula menggunakan “pirate funnel” Dave McClure sebagai resep untuk pertumbuhan. Ini adalah akuisisi, aktivasi, retensi, rujukan, dan pendapatan (AARRR). Lainnya termasuk meningkatkan kesadaran sebagai bagian kunci dari Growth Hacking. Either way, intinya adalah untuk mendapatkan lalu lintas dan pengunjung, mengubah pengunjung menjadi pengguna, dan mempertahankan pengguna tersebut sebagai pelanggan yang bahagia.
Cara Memulai Growth Hacking
Inilah cara perusahaan dapat memulai dengan Growth Hacking. Pertama-tama, buat produk Anda dan uji untuk memastikan orang menginginkannya, dan bersedia membayar untuk itu. Ini akan membantu Anda mengumpulkan data sehingga Anda memahami persona pembeli utama Anda dan dapat menargetkan taktik pemasaran pertumbuhan yang sesuai.
Perbarui produk Anda secara berkala, dan terus dapatkan umpan balik dari pelanggan sehingga Anda selalu tahu jika Anda berada di jalur yang benar. Pada saat yang sama, pasarkan produk Anda untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan, dan melacak keberhasilan hasil-hasil tersebut. Pengujian A / B dan teknik optimasi konversi lainnya sangat penting untuk peretasan pertumbuhan yang efektif.
Strategi Growth Hacking
Sebagian besar strategi peretasan pertumbuhan jatuh ke dalam tiga bidang utama:
Pemasaran konten
Pemasaran produk
Iklan
Bergantung pada taktik yang digunakan, pemasaran konten dapat menjadi cara berbiaya rendah untuk mengeluarkan berita tentang produk Anda. Kegiatan pemasaran konten yang umum meliputi:
Mulai blog dan ciptakan konten yang berharga dan dapat dibagikan
Blogging tamu
Membuat konten media sosial
Menulis ebook dan kertas putih
Podcasting
Menjalankan webinar
Berlari kontes dan hadiah
Dapatkan blogger untuk meninjau produk Anda
Bergabung dengan forum, grup, dan subreddits yang relevan
Pemasaran influencer
Menggunakan pemasaran email untuk membangun koneksi yang lebih kuat dengan pengguna
Meningkatkan visibilitas konten dengan SEO
Menjadi terdaftar di pasar dan situs yang relevan, seperti Perburuan Produk
Pemasaran produk mencakup teknik untuk membuat produk Anda lebih menarik, dan membangun basis pengguna. Mereka termasuk:
Memanfaatkan rasa takut ketinggalan (FOMO) dengan menggunakan sistem pendaftaran khusus undangan
Gamifikasi proses orientasi pengguna untuk membuatnya lebih menyenangkan, dan menawarkan hadiah
Menawarkan insentif untuk rujukan yang menguntungkan rujukan dan pengguna baru
Pemasaran afiliasi, yang juga akan menggunakan taktik pertumbuhan pemasaran konten
Peretas pertumbuhan juga dapat menggunakan iklan sosial dan iklan bayar per klik (PPC) untuk mempromosikan bisnis mereka.
Contoh Growth Hacking :
Beberapa contoh terkenal dari kampanye peretasan pertumbuhan yang sukses meliputi:
Dropbox, yang memberikan penghargaan kepada pengguna yang sudah ada untuk mengundang yang baru dengan penyimpanan tambahan
Hotmail, yang menambahkan baris ke setiap email keluar yang mendorong orang untuk mendaftar ke akun baru
AirBnB, yang menggunakan Craigslist untuk mencari dan memasarkan kepada orang-orang yang mencari akomodasi yang terjangkau
Tujuan dari strategi Growth Hacking pada umumnya untuk memperoleh sebanyak mungkin pengguna atau pelanggan. Istilah “Growth Hacking” diciptakan oleh Sean Ellis, seorang pendiri dan CEO GrowthHackers, pada 2010.
Apa itu Growth Hacker?
Growth Hacker adalah seseorang yang menggunakan strategi kreatif berbiaya rendah untuk membantu bisnis memperoleh dan mempertahankan pelanggan. Kadang-kadang Growth Hacker juga disebut Growth Marketer, tetapi Growth Hacker bukan hanya pemasar. Siapa saja yang terlibat dalam suatu produk atau layanan, termasuk manajer dan insinyur produk, dapat menjadi peretas pertumbuhan.
Peretas pertumbuhan cenderung obsesif, ingin tahu, dan analitis:
Growth Hacker fokus hanya pada strategi yang terkait dengan pertumbuhan bisnis.
Mereka berhipotesis, memprioritaskan dan menguji strategi pertumbuhan yang inovatif.
Mereka menganalisis dan menguji untuk melihat apa yang berfungsi.
Peretas pertumbuhan ideal tahu bagaimana mengatur prioritas pertumbuhan, mengidentifikasi saluran untuk akuisisi pelanggan, mengukur keberhasilan, dan skala pertumbuhan.
Baca Juga : 7 Cara Membuat ata Menulis Konten Marketing yang Menarik Audiens dan Engagement
Cara Kerja Growth Hacking
Jadi, bagaimana cara kerja peretasan pertumbuhan? Untuk setiap perusahaan, ini tentang mencari tahu mengapa Anda tumbuh, dan mencari cara untuk mewujudkannya dengan sengaja.
Banyak perusahaan pemula menggunakan “pirate funnel” Dave McClure sebagai resep untuk pertumbuhan. Ini adalah akuisisi, aktivasi, retensi, rujukan, dan pendapatan (AARRR). Lainnya termasuk meningkatkan kesadaran sebagai bagian kunci dari Growth Hacking. Either way, intinya adalah untuk mendapatkan lalu lintas dan pengunjung, mengubah pengunjung menjadi pengguna, dan mempertahankan pengguna tersebut sebagai pelanggan yang bahagia.
Cara Memulai Growth Hacking
Inilah cara perusahaan dapat memulai dengan Growth Hacking. Pertama-tama, buat produk Anda dan uji untuk memastikan orang menginginkannya, dan bersedia membayar untuk itu. Ini akan membantu Anda mengumpulkan data sehingga Anda memahami persona pembeli utama Anda dan dapat menargetkan taktik pemasaran pertumbuhan yang sesuai.
Perbarui produk Anda secara berkala, dan terus dapatkan umpan balik dari pelanggan sehingga Anda selalu tahu jika Anda berada di jalur yang benar. Pada saat yang sama, pasarkan produk Anda untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan, dan melacak keberhasilan hasil-hasil tersebut. Pengujian A / B dan teknik optimasi konversi lainnya sangat penting untuk peretasan pertumbuhan yang efektif.
Strategi Growth Hacking
Sebagian besar strategi peretasan pertumbuhan jatuh ke dalam tiga bidang utama:
Pemasaran konten
Pemasaran produk
Iklan
Bergantung pada taktik yang digunakan, pemasaran konten dapat menjadi cara berbiaya rendah untuk mengeluarkan berita tentang produk Anda. Kegiatan pemasaran konten yang umum meliputi:
Mulai blog dan ciptakan konten yang berharga dan dapat dibagikan
Blogging tamu
Membuat konten media sosial
Menulis ebook dan kertas putih
Podcasting
Menjalankan webinar
Berlari kontes dan hadiah
Dapatkan blogger untuk meninjau produk Anda
Bergabung dengan forum, grup, dan subreddits yang relevan
Pemasaran influencer
Menggunakan pemasaran email untuk membangun koneksi yang lebih kuat dengan pengguna
Meningkatkan visibilitas konten dengan SEO
Menjadi terdaftar di pasar dan situs yang relevan, seperti Perburuan Produk
Pemasaran produk mencakup teknik untuk membuat produk Anda lebih menarik, dan membangun basis pengguna. Mereka termasuk:
Memanfaatkan rasa takut ketinggalan (FOMO) dengan menggunakan sistem pendaftaran khusus undangan
Gamifikasi proses orientasi pengguna untuk membuatnya lebih menyenangkan, dan menawarkan hadiah
Menawarkan insentif untuk rujukan yang menguntungkan rujukan dan pengguna baru
Pemasaran afiliasi, yang juga akan menggunakan taktik pertumbuhan pemasaran konten
Peretas pertumbuhan juga dapat menggunakan iklan sosial dan iklan bayar per klik (PPC) untuk mempromosikan bisnis mereka.
Contoh Growth Hacking :
Beberapa contoh terkenal dari kampanye peretasan pertumbuhan yang sukses meliputi:
Dropbox, yang memberikan penghargaan kepada pengguna yang sudah ada untuk mengundang yang baru dengan penyimpanan tambahan
Hotmail, yang menambahkan baris ke setiap email keluar yang mendorong orang untuk mendaftar ke akun baru
AirBnB, yang menggunakan Craigslist untuk mencari dan memasarkan kepada orang-orang yang mencari akomodasi yang terjangkau