05-06-2021, 06:19 AM
Apakah bisnis Anda memiliki saluran YouTube? Mencari taktik konversi organik?
Dalam artikel ini, Anda akan menemukan cara mendapatkan lebih banyak prospek dan penjualan organik dari YouTube tanpa menggunakan iklan.
Mulailah Dengan Strategi Content di Youtube
Sebelum Anda dapat mulai menghasilkan arahan dari YouTube, Anda harus menguraikan strategi konten. Ini berarti menentukan siapa pemirsa Anda dan apa yang akan mereka dapatkan dari saluran Anda. Setelah Anda memiliki jawaban tersebut, Anda dapat mulai menyusun konten Anda dan jadwal pengiriman untuk membuat dan menerbitkannya.
Ada dua cara utama untuk memastikan komunitas Anda dapat menemukan konten Anda: pengoptimalan mesin telusur (SEO) untuk YouTube dan tampilan klaster.
Mengoptimalkan konten Anda untuk pencarian kata kunci di YouTube adalah salah satu metode pertama yang dapat Anda gunakan untuk langsung menghasilkan penayangan. Menguasai SEO Anda tidak hanya mencakup pemahaman tentang apa yang dicari audiens Anda, tetapi juga bagaimana mereka mencarinya. Identifikasi kata kunci atau frasa yang mereka gunakan di YouTube dan mesin telusur lainnya untuk menemukan jawaban, lalu buat video yang menargetkan kata kunci dan frasa tersebut.
Semakin dioptimalkan video awal Anda, semakin cepat komunitas Anda menemukan Anda saat mereka menelusuri YouTube untuk mencari jawaban. Saat perpustakaan video Anda mulai berkembang di YouTube, Anda akan memiliki lebih banyak peluang untuk mengelompokkan video Anda bersama-sama untuk membuat serangkaian video terkait yang dapat ditonton oleh komunitas Anda satu per satu, menambah waktu tonton Anda saat video tersebut berjalan.
Semakin Anda membangun lalu lintas, waktu menonton, dan komunitas di YouTube, semakin YouTube akan mulai mempercayai saluran Anda dan memahami siapa yang Anda layani. Pada tahap ini, saluran Anda akan mulai direkomendasikan kepada komunitas Anda saat mereka masuk atau bahkan saat mereka menonton saluran yang mengeluarkan konten yang mirip dengan milik Anda.
Kunci dari perolehan prospek di YouTube adalah selalu mengikuti apa yang diinginkan pemirsa Anda ketika mereka menelusuri YouTube. Setelah Anda mulai membuat konten yang ingin mereka konsumsi, berikut adalah lima cara untuk mendapatkan lebih banyak prospek dan penjualan dari saluran Anda tanpa iklan.
# 1: Tambahkan Ajakan Bertindak (CTA) ke Channel Youtube Kamu
Cara pertama untuk mulai menghasilkan prospek di saluran YouTube Anda adalah dengan menggunakan sampul saluran YouTube Anda, yang merupakan spanduk yang ditampilkan di bagian atas laman saluran Anda.
Saat Anda menyiapkan Channel, YouTube memberi Anda kesempatan untuk menambahkan tautan ke situs web dan profil sosial Anda. Anda dapat menggunakan sampul saluran Anda untuk menarik perhatian ke tautan situs web Anda dengan menambahkan panah dengan ajakan bertindak (CTA) yang mengarah langsung ke tautan Anda. Jika Anda tidak memiliki deretan tautan atau situs web lain, Anda dapat menggunakan panah yang lebih besar yang sepertinya mengarah langsung ke tombol berlangganan yang berada tepat di bawah sampul saluran untuk pemirsa Anda.
Jika Anda memiliki khalayak yang luas atau melayani dua khalayak yang berbeda, keikutsertaan atau CTA Anda perlu berbicara dengan sebagian besar dari mereka. Jika Anda memiliki lebih dari satu, pilih yang paling penting atau yang akan menarik segmen terbesar dari audiens Anda.
# 2: Optimalkan URL dalam CTA lisan Anda Agar Mudah Diingat
Menggunakan CTA lisan di video YouTube Anda adalah salah satu cara termudah dan paling umum untuk menghasilkan prospek di YouTube. Anda dapat menyebutkan CTA beberapa kali di sepanjang video atau bahkan menggunakan lebih dari satu CTA. Taktik ini memungkinkan Anda berbagi solusi yang Anda tawarkan kepada pemirsa secara alami bersama konten Anda.
Karena CTA dan URL akan diucapkan, keduanya harus sederhana dan jelas. URL harus pendek dan mudah diingat dan instruksi Anda harus langsung. Meskipun CTA lisan Anda kemungkinan besar akan disertai dengan teks pada video dan salinan dalam deskripsi Anda, penting untuk membuat skrip video Anda dengan cara yang membuatnya alami dan mudah bagi pemirsa untuk menindaklanjuti dengan tindakan yang baru saja Anda minta mereka lakukan. .
Jika formulir yang Anda ingin mereka isi ada di yourwebsite.com/form, kirimkan mereka ke URL spesifik tersebut, bukan ke yourwebsite.com. Anda tidak ingin mereka harus menjelajahi situs Anda untuk mencari informasi yang mereka cari. Tentu saja, Anda dapat menyiasatinya dengan membeli domain yang mengalihkan langsung ke formulir, membuat halaman arahan untuk formulir, atau memastikan bahwa tombol untuk mengklik untuk mengakses formulir ada di depan dan tengah di situs web Anda.
# 3: Pertahankan CTA Utama Anda di Awal Deskripsi YouTube
Untuk semua konten YouTube Anda, sertakan CTA Anda bersama dengan tautannya dalam deskripsi video Anda. Dengan beberapa penelitian kata kunci dan perencanaan strategis yang baik, menambahkan tautan ini dapat membantu meningkatkan peringkat video Anda di YouTube. Karena YouTube memotong deskripsi, pastikan CTA dan tautan utama Anda ada di awal deskripsi video Anda.
# 4: Buat Pin CTA sebagai Komentar Pertama Anda
Selain video, deskripsi, dan kartu yang muncul selama video, Anda juga dapat menggunakan bagian komentar untuk mengarahkan lalu lintas dan menghasilkan arahan.
Salah satu metode yang umum adalah memposting CTA tertentu di komentar pertama di video Anda, sebaiknya CTA yang Anda sebutkan di video dan diulangi dalam deskripsi. Menyematkan komentar itu ke bagian atas halaman video Anda memastikan bahwa CTA selalu terlihat, meskipun deskripsi terpotong.
# 5: Tanggapi Komentar dan Berikan Sumber Lebih Lanjut Di Sana
Anda mungkin tahu betapa kuatnya komentar pemirsa untuk mendorong keterlibatan di video YouTube Anda. Namun menanggapi komentar penonton dan memicu percakapan membantu Anda menonjol dalam beberapa cara lain.
Pertama, di bawah setiap komentar pemirsa yang Anda balas, nama Anda disorot sebagai tautan, mengundang pemirsa baru untuk membaca tanggapan Anda atas komentar tersebut. Ini membantu Anda membangun tingkat kepercayaan dengan penonton karena mereka tahu Anda membaca dan menanggapi komentar yang diterima di video Anda.
Selain itu, tanggapan Anda dapat mencakup lebih banyak CTA, tautan ke solusi, atau tip yang dapat membantu menghasilkan arahan dan memberikan jawaban kepada komunitas Anda.
Dalam artikel ini, Anda akan menemukan cara mendapatkan lebih banyak prospek dan penjualan organik dari YouTube tanpa menggunakan iklan.
Mulailah Dengan Strategi Content di Youtube
Sebelum Anda dapat mulai menghasilkan arahan dari YouTube, Anda harus menguraikan strategi konten. Ini berarti menentukan siapa pemirsa Anda dan apa yang akan mereka dapatkan dari saluran Anda. Setelah Anda memiliki jawaban tersebut, Anda dapat mulai menyusun konten Anda dan jadwal pengiriman untuk membuat dan menerbitkannya.
Ada dua cara utama untuk memastikan komunitas Anda dapat menemukan konten Anda: pengoptimalan mesin telusur (SEO) untuk YouTube dan tampilan klaster.
Mengoptimalkan konten Anda untuk pencarian kata kunci di YouTube adalah salah satu metode pertama yang dapat Anda gunakan untuk langsung menghasilkan penayangan. Menguasai SEO Anda tidak hanya mencakup pemahaman tentang apa yang dicari audiens Anda, tetapi juga bagaimana mereka mencarinya. Identifikasi kata kunci atau frasa yang mereka gunakan di YouTube dan mesin telusur lainnya untuk menemukan jawaban, lalu buat video yang menargetkan kata kunci dan frasa tersebut.
Semakin dioptimalkan video awal Anda, semakin cepat komunitas Anda menemukan Anda saat mereka menelusuri YouTube untuk mencari jawaban. Saat perpustakaan video Anda mulai berkembang di YouTube, Anda akan memiliki lebih banyak peluang untuk mengelompokkan video Anda bersama-sama untuk membuat serangkaian video terkait yang dapat ditonton oleh komunitas Anda satu per satu, menambah waktu tonton Anda saat video tersebut berjalan.
Semakin Anda membangun lalu lintas, waktu menonton, dan komunitas di YouTube, semakin YouTube akan mulai mempercayai saluran Anda dan memahami siapa yang Anda layani. Pada tahap ini, saluran Anda akan mulai direkomendasikan kepada komunitas Anda saat mereka masuk atau bahkan saat mereka menonton saluran yang mengeluarkan konten yang mirip dengan milik Anda.
Kunci dari perolehan prospek di YouTube adalah selalu mengikuti apa yang diinginkan pemirsa Anda ketika mereka menelusuri YouTube. Setelah Anda mulai membuat konten yang ingin mereka konsumsi, berikut adalah lima cara untuk mendapatkan lebih banyak prospek dan penjualan dari saluran Anda tanpa iklan.
# 1: Tambahkan Ajakan Bertindak (CTA) ke Channel Youtube Kamu
Cara pertama untuk mulai menghasilkan prospek di saluran YouTube Anda adalah dengan menggunakan sampul saluran YouTube Anda, yang merupakan spanduk yang ditampilkan di bagian atas laman saluran Anda.
Saat Anda menyiapkan Channel, YouTube memberi Anda kesempatan untuk menambahkan tautan ke situs web dan profil sosial Anda. Anda dapat menggunakan sampul saluran Anda untuk menarik perhatian ke tautan situs web Anda dengan menambahkan panah dengan ajakan bertindak (CTA) yang mengarah langsung ke tautan Anda. Jika Anda tidak memiliki deretan tautan atau situs web lain, Anda dapat menggunakan panah yang lebih besar yang sepertinya mengarah langsung ke tombol berlangganan yang berada tepat di bawah sampul saluran untuk pemirsa Anda.
Jika Anda memiliki khalayak yang luas atau melayani dua khalayak yang berbeda, keikutsertaan atau CTA Anda perlu berbicara dengan sebagian besar dari mereka. Jika Anda memiliki lebih dari satu, pilih yang paling penting atau yang akan menarik segmen terbesar dari audiens Anda.
# 2: Optimalkan URL dalam CTA lisan Anda Agar Mudah Diingat
Menggunakan CTA lisan di video YouTube Anda adalah salah satu cara termudah dan paling umum untuk menghasilkan prospek di YouTube. Anda dapat menyebutkan CTA beberapa kali di sepanjang video atau bahkan menggunakan lebih dari satu CTA. Taktik ini memungkinkan Anda berbagi solusi yang Anda tawarkan kepada pemirsa secara alami bersama konten Anda.
Karena CTA dan URL akan diucapkan, keduanya harus sederhana dan jelas. URL harus pendek dan mudah diingat dan instruksi Anda harus langsung. Meskipun CTA lisan Anda kemungkinan besar akan disertai dengan teks pada video dan salinan dalam deskripsi Anda, penting untuk membuat skrip video Anda dengan cara yang membuatnya alami dan mudah bagi pemirsa untuk menindaklanjuti dengan tindakan yang baru saja Anda minta mereka lakukan. .
Jika formulir yang Anda ingin mereka isi ada di yourwebsite.com/form, kirimkan mereka ke URL spesifik tersebut, bukan ke yourwebsite.com. Anda tidak ingin mereka harus menjelajahi situs Anda untuk mencari informasi yang mereka cari. Tentu saja, Anda dapat menyiasatinya dengan membeli domain yang mengalihkan langsung ke formulir, membuat halaman arahan untuk formulir, atau memastikan bahwa tombol untuk mengklik untuk mengakses formulir ada di depan dan tengah di situs web Anda.
# 3: Pertahankan CTA Utama Anda di Awal Deskripsi YouTube
Untuk semua konten YouTube Anda, sertakan CTA Anda bersama dengan tautannya dalam deskripsi video Anda. Dengan beberapa penelitian kata kunci dan perencanaan strategis yang baik, menambahkan tautan ini dapat membantu meningkatkan peringkat video Anda di YouTube. Karena YouTube memotong deskripsi, pastikan CTA dan tautan utama Anda ada di awal deskripsi video Anda.
# 4: Buat Pin CTA sebagai Komentar Pertama Anda
Selain video, deskripsi, dan kartu yang muncul selama video, Anda juga dapat menggunakan bagian komentar untuk mengarahkan lalu lintas dan menghasilkan arahan.
Salah satu metode yang umum adalah memposting CTA tertentu di komentar pertama di video Anda, sebaiknya CTA yang Anda sebutkan di video dan diulangi dalam deskripsi. Menyematkan komentar itu ke bagian atas halaman video Anda memastikan bahwa CTA selalu terlihat, meskipun deskripsi terpotong.
# 5: Tanggapi Komentar dan Berikan Sumber Lebih Lanjut Di Sana
Anda mungkin tahu betapa kuatnya komentar pemirsa untuk mendorong keterlibatan di video YouTube Anda. Namun menanggapi komentar penonton dan memicu percakapan membantu Anda menonjol dalam beberapa cara lain.
Pertama, di bawah setiap komentar pemirsa yang Anda balas, nama Anda disorot sebagai tautan, mengundang pemirsa baru untuk membaca tanggapan Anda atas komentar tersebut. Ini membantu Anda membangun tingkat kepercayaan dengan penonton karena mereka tahu Anda membaca dan menanggapi komentar yang diterima di video Anda.
Selain itu, tanggapan Anda dapat mencakup lebih banyak CTA, tautan ke solusi, atau tip yang dapat membantu menghasilkan arahan dan memberikan jawaban kepada komunitas Anda.